Asyik! Mulai Hari Ini PT KAI Luncurkan Kereta Jalur Kiaracondong-Tasikmalaya: Selama Sebulan Gratis

BandungKita.id, BANDUNG – Untuk memberi banyak pilihan kepada pengguna transportasi, PT KAI meluncurkan Kereta Api (KA) Galunggung relasi Kiaracondong – Tasikmalaya (PP), kapasitas KA Galunggung mampu menampung hingga 636 penumpang.

“Kita sudah luncurkan KA Galunggung hari ini, di stasiun Kiaracondong, untuk rute Kiaracondong-Tasikmalaya kapastitaanya sampai 636 penumpang, terdiri dari 6 gerbong, dan untuk 1 bulan pertama gratis,” ungkap Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, saat dihubungi BandungKita, Rabu (26/12/2018).

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan gratis tersebut, kata Joni, cukup datang langsung ke stasiun yang dilintasi KA Galunggung.

“Masyarakat cukup datang langsung ke stasiun dengan membawa KTP atau SIM nanti didata oleh bagian loket  dan langsung diberi tiketnya, itu Rp 0, atau gratis, jadi kereta api ini sama seperti kereta api lainya, 1 orang satu tempat duduk, dipastikan tidak ada yang berdiri,” lanjut Joni.

Baca juga: Libur Nataru, Hampir Dua Juta Orang Gunakan Kereta Api 

Selain itu, Joni menjelaskan durasi gratis penggunan KA Galunggung yakni terhitung sejak  26 Desember 2018 sampai 25 Januari 2019. Adapun waktu tempuh KA Galunggung yakni 3 jam 20 menit.

Perlu dicatat, tegas Joni, penumpang yang ingin menikmati layanan gratis tersebut harus pesan tiket satu minggu sebelum jadwal keberangkatan dengan datang ke stasiun-stasiun yang dilintasi KA Galunggung.

“Tiket gratis hanya bisa dipesan 7 hari sebelum keberangkatan, masyarakat harus datang ke stasiun-stasiun yang dilintasi KA Galunggung, seperti Cimekar, Rancaekek, Cicalengka, Nagreg, Leles, Cibatu, Cipeundeuy, Ciawi, Rajapolah dan Leles, ” ujar Joni.

Baca juga: Tak Ingin Kehabisan Tiket Kereta Api Saat Libur Natal dan Tahun Baru: Begini Caranya

 

 

Setelah habis masa tiket gratis, maka akan dikenakan tarif jarak jauh Rp35.000 dan tarif parsial Rp25.000.

KA Galunggung diberangkatkan dari Kiaracondong setiap pukul 06.16 WIB, dan sebaliknya dari Tasikmalaya berangkat pukul 10.35 WIB

Sementara itu, latar belakang dibukanya KA Galunggung, Joni mengatakan, agar angka lalulintas jalan raya bisa sedikit terurai serta memberi akses yang lebih cepat bagi masyarakat dari Tasikmalaya menuju Bandung atau sebaliknya.

“Jalur kereta khusus Tasikmalaya-Kircon kan belum ada, semoga dengan adanya KA Galunggung masyarakat bisa lebih terlayani dan kemacetan jalur Bandung-Tasik bisa terurai terutama musim Liburan seperti sekarang ini,” pungkas Joni.***(TRH/BandungKita)