Lewat Pencak Silat, Siti Harumkan Nama Garut di Kancah Internasional

BandungKita.id, GARUT – Nama Siti Salamah Ramadhani (12) memang belum begitu banyak dikenal. Namun, Siti menorehkan prestasi gemilang usai meraih medali emas di Kejuaraan Pencak Silat tingkat Asia Eropa.

Siti yang mewakili Kabupaten Garut bertarung dengan atlet dari berbagai negara di Asia dan Eropa. Ia meraih medali emas pada Kelas Seni Tunggal Putri dalam kejuaraan yang digelar di GOR Padjajaran, Bandung 31 Januari sampai 3 Februari.

Siswi kelas 7, SMP Nurul Muttaqiin, Kecamatan Cisurupan ini menyukai pencak silat sejak kelas 3 SD. Prestasi yang didapatnya pun berdasarkan kerja kerasnya selama ini.

“Enggak ada target buat juara kemarin sih. Cuma main biasa saja. Tapi alhamdulillah bisa jadi juara,” ucap Siti di Kantor Pemkab Garut, Senin (4/2/2019).

Ia mengaku gugup saat akan pertama kali bertanding. Apalagi lawannya berasal dari luar negeri. Meski begitu, Siti yang dilatih Paguruan Pusaka Putra itu tak gentar untuk bertanding.

“Sebelumnya pernah juara di Jawa Barat. Tapi di kejuaraan internasional enggak pernah kebayang bisa jadi juara,” katanya.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengapresiasi prestasi yang diraih Siti. Pemkab pun akan memberikan beasiswa kepada Siti.

“Kami juga akan berikan peralatan latihan. Sudah terbukti dan terukur. Akan minta Disdik untuk terus awasi,” ujar Rudy. (Rul/Bandungkita.id)