by

Libatkan Ular Saat Interogasi, Polda Papua Minta Maaf

BandungKita.id, NASIONAL – Beredar video interogasi yang tak lazim di media sosial. Video tersebut merekam salah satu anggota Polres Jayawijaya, Papua yang melakukan interogasi terhadap seorang terduga pelaku pencurian dengan menggunakan ular.

Terlihat pada video tersebut, penyidik tengah membentangkan ular hidup di leher pria yang diduga melakukan pencurian handphone untuk mengakui perbuatannya selama sesi interogasi. Pria itu berteriak ketakutan ketika seekor ular didorong ke arah wajahnya oleh seorang petugas.

Dalam video berdurasi 1.29 menit itu juga terdengar salah seorang petugas memerintahkan pria itu untuk membuka matanya dan mengancam untuk memasukan ular ke dalam mulut dan celananya.

Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarti menuturkan apabila video tersebut terbukti dilakukan anggota kepolisian, hal tersebut sudah melanggar etik dan disiplin.

Sementara Juru bicara Polda Papua Ahmad Musthofa Kamal mengatakan kasus itu sedang diselidiki oleh unit urusan internal. Jika terbukti ada pelanggaran kode etik, akan diambil tindakan. Kapolres Jayawijaya juga menyatakan permintaan maaf. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Video/Narasi: Reuters, Humas Polda Papua
Editor: Dian Aisyah