Ratusan Pedagang Siap Tempati Pasar Atas Baru, Segini Kios yang Disiapkan Pemkot Cimahi

Cimahi1464 Views

BandungKita.id, CIMAHI – Ratusan pedagang siap tempati bangunan baru Pasar Atas Baru (PAB) Cimahi. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar, Dedi Gunadi, menginstruksikan melalui surat edaran agar barang dagangan harus sudah selesai dipindahkan pada hari ini, Sabtu (30/3/2019).

“Pedagang yang ada di data sekarang sudah 433 yang siap relokasi,” sebut Dedi saat ditemui di ruangannya, Jumat (29/3/2019) lalu.

Kendati demikian, Dedi mengatakan, bangunan baru Pasar Atas, menampung 507 kios yang siap ditempati pedagang. “Total kios ada 507. Eks kebakaran yang kita utamakan dapat. Kios yang masih sisa 74, nanti akan kita umumkan lagi dan berikan kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi yang berminat berjualan di Pasar Atas Baru,” papar Dedi.

Sementara itu, petugas kebersihan dari pemkot yang akan bertugas di pasar tersebut hanya 14 pekerja. Padahal, lanjut Dedi, pasar sebesar itu seharusnya minimal ada 25 pekerja kebersihan.

“Yang 11 (pekerja) lagi digaji oleh paguyuban pedagang. Sesuai perjanjian yang sudah disepakati. Para pedagang secara swadaya siap membayar tenaga kebersihan yang 11 itu,” ujarnya.

Baca juga: Terjadi Lagi, Warga Tenggelam Saat Memancing Ikan di Waduk Cirata, Jasad Belum Ditemukan

Selain petugas kebersihan, pemkot juga sudah menyiapkan tenaga keamanan sebanyak 6 pekerja. “Yang sudah siap berjaga ada 6 orang. Menurut saya sih, minimal 20-30 orang dengan gedung sebesar ini,” ucap Dedi.

Terkait biaya iuran, Dedi menuturkan pedagang yang menempati kios akan dibebani biaya retribusi sebesar Rp 3.200.  “Ini pasar pemerintah, mereka hanya di wajibkan membayar retribusi sebesar Rp 3.200 perharinya,” katanya.

Sementara itu, salah satu pedagang, Maya (47) membenarkan sebelumnya pengelola pasar telah mengeluarkan surat edaran yang mengimbau agar pedagang segera menempati kios baru paling lambat pada Sabtu.

“Besok harus sudah ditempati, kalau siap mah  memang harus menempati,” ujarnya saat ditemui di kiosnya. (Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah