Dua Pekan Jelang Pemilihan, Sejumlah Pelajar Ikuti Simulasi Pencoblosan

BandungKita.id, Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jabar menggelar simulasi pemungutan suara di halaman kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019) kemarin.

Sejumlah pelajar, serta unsur warga lainnya dilibatkan dalam simulasi tersebut. Hal itu, berkaitan dengan sosialisasi terhadap masyarakat yang baru memilki hak pilih pada pemilu 2019.

Berdasarkan keterangan Komisioner Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq menuturkan, simulasi tersebut digelar agar pihak panitia penyelenggara pemungutan suara mendapat gambaran bagaimana proses pemilu berlangsung.

“Tidak hanya kepada kita sebagai penyelenggara, bagaimana melihat administrasinya yang harus rapih, kemudian penataan desain TPS efektif, efisien, termasuk juga Bawaslu, bagaimana proses pengawasan seluruh pemungutan suara ini,” kata Endun.

Baca juga: Bawaslu Garut Akan Panggil AKP Sulman Azis Pekan Ini

Selain itu, pada simulasi tersebut juga melibatkan Panwaslu dan para saksi. Hal tesebut, agar mengetahui bagaimana kemungkinan pelanggaran dan hambatan teknis apa yang mungkin terjadi.

“Bagi peserta pemilihan itu mendapat pelajaran bagaimana nanti harus menyiapkan saksi yang betul-betul harus siaga, dan memang dibekali surat mandat,” katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Komisioner KPU Jabar Rifqi Alimubarok mengatakan, secara umum simulasi tersebut bertujuan mengedukasi masyakat jelang dua pekan menuju hari pemilihan.

Baca juga: Isra Mi’raj dan Gambaran Nasib Umat Rasulullah SAW

“Kemudian juga bisa mengetahui proses pemungutan suara bagaimana mereka melakukan pencoblosan di bilik suara dan berapa durasi waktu untuk dilakukan proses pencoblosan di bilik suara,” pungkas Rifqi.

Pasca simulasi, kata Rifqi pihaknya akan mencatat beberapa hal untuk dievaluasi agar pada pelaksanaan pemilu sebenarnya, hambatan-hambatan teknis bisa dihindari . (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah