by

Warga Baleendah Bersihkan Lumpur Sisa Banjir

BandungKita.id, SOREANG – Sejumlah Warga, TNI dan Petugas BPBD Kabupaten Bandung membersihkan lumpur sisa banjir di Kecamatan Baleendah, Bojongsoang dan Dayeuhkolot, Selasa (23/4/2019).

Pantauan di lokasi, warga dan para petugas fokus membersihkan lumpur di jalan Raya Andir-Katapang. Seperti diketahui, banjir selama beberapa pekan terakhir membuat akses jalan itu lumpuh.

Selain menggunakan alat manual, untuk membersihkan lumpur dibantu mesin penyedot air portable. Mesin tersebut menyedot air dari sungai cisangkuy.

BACA JUGA:

Sebanyak 32.4018 Siswa SMP di Kabupaten Bandung Laksanakan UNBK

 

Genap 378 Tahun, Pemulihan Lingkungan Kabupaten Bandung Masih Lemah

 

“Kalau cuma pakai alat manual, akan memakan waktu lama. Kita memakai alat mesin penyedot untuk menyemprot lumpur,” kata Lurah Andir, Saef saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, ketebalan lumpur yang dibawa banjir bervariasi. Paling tebal mencapai 70 cm. Hal itu membuat warga cukup kesulitan, terutama untuk membersihkan rumahnya.

“Biasanya lumpir hanya mencapai ketebalan 25 cm, namun kini mencapai 70 cm. Warga cukup kesulitan, apalagi lumpur yang masuk ke rumah,” pungkasnya. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah