by

2 Ribu Buruh Tekstil Kabupaten Bandung Bakal Kepung Gedung Sate

BandungKita.id, SOREANG – Sebanyak 2 ribu lebih buruh tekstil yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP TSK SPSI) Kabupaten Bandung akan berunjuk rasa di depan Gedung Sate, dalam rangka memperingati hari buruh, Rabu (1/5/2019).

Pantauan BandungKita.id, sejumlah buruh tampak telah berkumpul di halaman PT. Ceres Jalan Moh. Toha, Palasari, Kecamatan Dayeuhkolot. Mereka membawa sejumlah baliho, pamflet, bendara dan spanduk tuntutan.

Di lokasi, buruh mengenakan seragam dengan warna dominan biru-hitam. Aparat kemanan dari TNI-Polri pun telah berjaga dan siap melakukan pengawalan.

Menurut Ketua FSP TSK SPSI Kabupaten Bandung, Uben Yunara, dalam rangka memperingati hari buruh kali ini, pihak memfokuskan aksi ke pemprov Jabar dengan tuntutan merevisi Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 tentang pengupahan.

“Konsentrasi massa kita ke gedung sate, aksi kita tidak ada yang ke pemda Bandung,” jelasnya.

BACA JUGA:

Tergelincir, Seorang Pria Tenggelam di Sungai Citarik

 

Selama Bulan Ramadan, Pemkab Bandung Imbau Warung Makan Tutup Siang Hari

 

Setelah seluruh buruh berkumpul di PT Ceres, rencananya mereka akan menuju Gedung Sate menggunakan sepeda motor dan Bus.

Rencananya buruh akan mulai berangkat pada pukul 09.00 WIB. Iring-iringan buruh akan dikawal ketat Polres Bandung.

“Kita mulai pemberangkatan sekira pukul 09.00 WIB,” pungkasnya.

Sementara itu Kanit Reskrim Polsek Dayeuhkolot, AKP Ade Rahmat memastikan bahwa para buruh akan dikawal bukan saja saat keberangkatan namun juga saat pergi.

54 petugas gabungan telah diturunkan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan aksi buruh di kawasan industri Dayeuhkolot.

“Kita akan kawal sampai perbatasan wilayah Polrestabes Bandung. Nanti mereka yang teruskan. Pulangnya pun demikian skemanya,” ucapnya. (Restu Sauqi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah