oleh

Maag Kambuh Saat Berpuasa? Begini 8 Cara Mencegahnya

BandungKita.id, HEALTH – Maag kambuh saat berpuasa tentu saja sangat mengganggu aktivitas kita. Kamu harus mengetahui bagaimana cara mencegahnya.

Sakit maag merupakan jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Cara penyembuhannya terbilang mudah, tetapi menjadi parah bila tidak segera diberikan perawatan.

Pada saat puasa, menyembuhkan maag mungkin akan lebih sulit karena kamu tidak diperbolehkan makan dan minum. Kamu akan menahan rasa sakit seharian hingga waktu buka.

Sebelum terjadi, ada baiknya dilakukan pencegahan. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah maag kambuh pada saat berpuasa, di antaranya:

1. Tidak Melewati Waktu Sahur

Melewatkan waktu sahur merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi kamu penderita maag akut. Risiko maag kambuh akan semakin meningkat jika kamu tidak sahur karena perut kosong lebih lama selama seharian penuh.

2. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat

Makanan yang kaya serat dapat membuat kamu merasa lebih lama kenyang. Meski waktu sahur tergolong singkat, kamu tidak boleh melupakan untuk tetap mengonsumsi buah dan sayur.

BACA JUGA :

Sahur Sering Makan Mie Instan? Awas, Ini Efek Sampingnya

 

Kamu Harus Tahu! Ini 10 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Puasa dan Kesehatan

 

3. Hindari Makanan Pemicu Maag

Hindari makanan yang sulit dicerna oleh tubuh seperti makanan yang berlemak, gorengan, kue tar, dan keju. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas karena dapat merusak dinding lambung. Hindari pula makanan olahan seperti mie dan pasta yang dapat mengiritasi selaput lambung.

4. Hindari Stres

Ilustrasi (net)

Stres dapat meningkatkan produksi asam lambung. Hindari kegiatan yang membuat hari-harimu tertekan agar tidak stres. Dengan istirahat yang cukup juga dapat membuat kamu terhindar dari stres.

5. Jangan Minum Sembarangan

Selama berpuasa kamu harus menjaga minuman yang memicu maag . Kurangi mengonsumsi kopi, teh, dan minuman yang bersoda. Minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi air putih agar cairan di dalam tubuh dapat tercukupi.

BACA JUGA :

Sering Ngantuk Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

 

Ini 3 Tips Ampuh Agar Tak Kehausan Saat Sedang Puasa

 

6. Berbuka Tepat Waktu

Meski sedang sibuk, usahakan untuk tetap berbuka tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk mencegah maag tidak kambuh.

Kemacetan parah pun menjadi alasan menunda buka puasa. Kamu dapat menyiapkan takjil sebelum kamu jalan menuju pulang.

7. Makanlah dengan Porsi Sedikit Tetapi Sering

Berbuka bukan berarti kamu harus makan dalam jumlah porsi besar. Makan terlalu banyak akan membuat lambung akan teregang dan membuat perut merasa begah. Asam lambung akan meningkat dan membuat maag kambuh.

Ketika berbuka disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam skala kecil, kemudian dapat dilanjutkan dengan makan besar setelah sholat magrib. Hal lain yang harus diperhatikan adalah usahakan untuk makan secara perlahan agar dapat dicerna secara maksimal.

8. Hindari Rebahan Setelah Makan

Setelah makan akan membuat kamu terasa mengantuk. Jangan langsung rebahan karena dapat membuat asam lambung naik ke tenggorokan. Jika ingin rebahan, setidaknya tunggu 30 menit setelah makan.

Itulah cara mencegah maag kambuh saat berpuasa yang dapat kamu lakukan. Tetap menjaga kesehatan agar ibadah tetap lancar. Selamat mencoba!(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber :detikhealth

Komentar