Hazel China, Pohon Cantik Bak Senjata Abad ke-19

BandungKita.id, SAINS  – Bak peluru, pohon hamamelis mollis atau dikenal hazel China mampu melemparkan bijinya dengan kecepaan 26 ribu kali putaran per menit atau lebih dari 12 meter per detik.

Hazel China dikenal sebagai tanaman inflamasi. Tanaman cantik tersebut menurut ahli setara dengan senjata peluru pada abad ke-19.

Berdasar pemindaian MRI, ahli menemukan pohon hazel China memiliki buah keras dan berbulu yang matang setahun setelah penyerbukan.

BACA JUGA:

Peneliti UI Temukan Bakteri Genus Baru di Sukabumi

 

Saat buah matang sudah siap melepaskan biji, kulit luar buah akan menyusut dan bagian dalamnya yang berdaging lembut akan menyusut dan mengembang.

Seperti dilansir Kompas.con, dalam jurnal Royal Society Interface menyebutkan langkah ini membantu menyempitkan bagian tengah buah. Sehingga memaksa benih untuk keluar.

Biji-biji itu terlempar dengan kekuatan fantastis, bahkan kita bisa mendengar suara ledakannya.

BACA JUGA:

Ini 5 Jenis Sayur Terbaik untuk Anak yang Wajib Disediakan Ibu

 

Melansir Science Magazine, Selasa (6/8/2019), dari perhitungan peneliti, tumbuhan hazel China mampu melemparkan bijinya hingga sejauh 18 meter atau setara dengan panjang jalur bowling.

Dengan kekuatan lemparan yang bisa melesat sampai 18 meter, hal ini memungkinkan pohon hazel China menyebarkan biji ke area baru lebih cepat dan menjauh dari area yang padat. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah
Sumber: Kompas.com