by

Karnaval Kemerdekaan Warga Blok D Parken Berlangsung Seru dan Meriah

Ada Ondel-ondel, Tentara Cilik hingga Rombongan “Lelaki Cantik”

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Ratusan warga RT 04 dan RT 05 Blok D RW 10 Kompleks Bumi Parahyangan Kencana, Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, mengikuti kegiatan Karnaval Kemerdekaan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, Minggu (18/8/2019).

Warga yang terdiri dari anak-anak, remaja, pemuda hingga Bapak-bapak dan Emak-emak tampak antusias mengikuti kegiatan karnaval tahunan itu. Mereka sudah berkumpul sejak pukul 07.00 pagi.

Kegiatan karnaval ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Blok D. Sebelumnya juga digelar berbagai perlombaan khas Agustusan dan sejumlah lomba menarik lainnya yang diikuti Bapak-bapak, ibu-ibu hingga anak-anak.

Ratusan warga Blok D Bumi Parahyangan Kencana khususnya warga RT 04 dan RT 05 RW 10 Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung mengikuti kegiatan karnaval yang dikemas dengan jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Minggu (18/8/2019). (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Para peserta karnaval mengenakan berbagai kostum menarik mulai dari seragam tentara/TNI, polisi, baju pejuang 45, baju olahraga, hingga baju tradisional atau baju daerah.

Tak hanya itu, kehadiran “Badawang” atau Ondel-ondel berukuran raksasa hasil kreasi warga RT 05 juga turut memeriahkan kegiatan karnaval dan jalan santai yang digagas Karang Taruna RT 04 dan RT 05 tersebut. Penampilan remaja laki-laki dari RT 04 yang mengenakan baju perempuan dengan wajah dihias layaknya perempuan cantik juga menambah daya tarik karnaval.

Ratusan warga Blok D Bumi Parahyangan Kencana khususnya warga RT 04 dan RT 05 RW 10 Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung mengikuti kegiatan karnaval yang dikemas dengan jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, Minggu (18/8/2019). (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Bocah-bocah kecil hingga anak-anak usia SD pun tak mau kalah. Mereka memeriahkan karnaval dengan masing-masing membawa balon berwarna merah putih sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Lagu 17 Agustus, Halo-halo Bandung dan lagu lainnya yang diiringi sound system mini.

Sebagian anak ada yang mengenakan ikat kepala berwarna merah putih. Ada pula yang mencorat-coret wajahnya layaknya tentara cilik. Tampak tak terlihat wajah lelah di wajah-wajah polos bocah kecil itu. Mereka tetap semangat sepanjang karnaval.

BACA JUGA :

Duuh! Polwan Cantik Ini Terjatuh Saat Melakukan Atraksi dengan Motor Besar pada Acara Karnaval Sabilulungan

 

 

Rayakan Hari Kemerdekaan, Tukang Becak di Garut Tampilkan Atraksi Freestyle

 

Tak heran, penampilan rombongan karnaval warga Blok D Parken tersebut membuat heboh warga. Sepanjang perjalanan, karnaval mini namun menghibur itu disambut meriah warga yang dilintasi.

Banyak pula warga yang mengabadikan kegiatan karnaval atau aksi-aksi heboh peserta karnaval dengan ponsel mereka. Tak sedikit juga warga yang sengaja keluar rumah untuk menyaksikan arak-arakan sambil melambaikan tangan memberi semangat.

 

Karnaval yang dibalut kegiatan Jalan Santai itu mengambil rute sekitar 3 kilometer. Start dimulai di RT 05 tepatnya di halaman Masjid An-Nur lalu ke arah RT 04, kemudian memutar ke RT 05, selanjutnya melalui kawasan Cikalapa dan Desa Bandasari. Dari Desa Bandasari peserta karnaval kemudian bergerak ke arah Sindang Palay lalu kembali ke arah Kompleks Parahyangan Kencana.

Rombongan kemudian melalui kawasan Pasar Minggu dan berkeliling di lingkungan RW 10 mulai dari kawasan RT 01 dan berakhir kembali di RT 05. Rombongan karnaval sukses mencuri perhatian warga yang dilintasi.

“Terima kasih kepada Bapak-bapak, Ibu-ibu, para orangtua yang telah mendorong putra-putrinya mengikuti kegiatan Karnaval Kemerdekaan ini. Kami berharap acara seperti ini terus digelar tiap tahun dan bisa semakin meriah tiap tahun,” ujar Ketua RT 05, Sailin Achmad Musrofi saat membuka kegiatan Karnaval Kemerdekaan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua RT 04 Suherlan. Suherlan mengaku sangat mengapresiasi kegiatan positif yang digagas oleh Karang Taruna RT 04 dan RT 05 tersebut. Ia berharap kegiatan tersebut dapat memotivasi warga terutama anak-anak dan remaja agar dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal bermanfaat.(M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M