Rayakan Hari Kemerdekaan, Tukang Becak di Garut Tampilkan Atraksi Freestyle

BandungKita.id, GARUT – Para tukang becak yang biasa manggkal di sekitar jalan Ahmad Yani dikumpulkan oleh Anggota Polres Garut. Para abang becak ini diikutsertakan pada lomba mewarnai, lomba menghias dan adu ketangkasan mengendarai becak dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia.

Ratusan warga yang berkumpul terpingkal melihat aksi para tukang becak yang melakukan freestyle. Tak sedikit tukang becak yang jatuh dan menabrak becak lainnya.

Darussalam (35), menjadi juara pertama lomba ketangkasan becak. Pria yang sudah 19 tahun berprofesi sebagai tukang becak itu sangat piawai mengendarai becak dengan dua roda.

Aksi-aksinya bahkan cukup berbahaya. Warga yang menyaksikan pun sangat terpukau dengan keahlian Darus membawa becak.

“Sudah biasa juga sih bawa becak. Ini kali ketiga ikut lomba seperti ini,” kata Darus, Sabtu petang (17/8/2019).

Baca juga:

700 Napi Garut Dapat Remisi, Mantan Ketua Bawaslu Garut Heri Hasan Basri Menangis Terharu

 

Ia mengaku baru mengetahui kemarin jika ada lomba ketangkasan becak. Iseng ikut lomba, Darus malah menjadi juara. Beras seberat 50 kilogram, minyak kelapa 25 kilogram, dan mie tiga dus dibawa Darus.

“Meramaikan 17-an juga. Sama jalin silaturahmi dengan yang lain,” ucapnya.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan kegiatan itu diadakan secara mendadak. Meski dadakan, tapi acara berlangsung meriah dan menghibur masyarakat.

“Silaturahmi juga menembus lapisan bawah. Selama ini jarang tersentuh mereka. Ternyata banyak paguyubannya,” ucap Budi.

Kegiatan itu diikuti oleh 250 tukang becak. Hadiah beras sengaja diberikan karena dinilai lebih bermanfaat.***(M Nur el Badhi)

Editor : Restu Sauqi