Air Tak Mengalir ke Persawahan, Warga Desa Ciheulang Mengeruk Irigasi Secara Swadaya

BandungKita.id, CIPARAY – Ribuan warga Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay berjibaku mengeruk sedimentasi tanah dan sampah di aliran irigasi Ciheulang di Kampung Lebak Biru, Jumat (13/9/2019).

Pengerukan sedimentasi tersebut bertujuan agar aliran air di irigasi bisa mengalir lancar ke areal pesawahan warga yang kini terdampak kekeringan akibat musim kemarau.

Eman Sulaeman (61) warga setempat mengatakan, kondisi irigasi Ciheulang memang sudah sangat memburuk. Terlebih, sudah sejak lama aliran irigasi tersebut tidak terawat dan mendapat normalisasi.

Akibatnya, selain berdampak pada pengairan sawah warga, juga kerap menyebabkan banjir saat musim penghujan tiba.

BACA JUGA:

Polres Bandung Tindak 1.000 Lebih Pelanggaran Lalu Lintas Selama Operasi Patuh Lodaya 2019

 

Diberi Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Olahraga, Istri Bupati Bandung Banjir Kritikan

 

“Sudah lama sekali tidak dilakukan pengerukan (normalisasi). Sedimentasinya cukup tinggi. Kalau musim hujan di kampung sini suka banjir,” kata dia dilokasi pengerukan.

Menurut dia, pengerukan sedimentasi dilakukan secara swadaya dengan dibantu oleh anggota DPRD Jawa Barat Dadang Supriatna dan Bupati Bandung, Dadan M Naser.

Sebelumnya, ia sempat mengusulkan adanya normalisasi irigasi kepada beberapa tokoh masyarakat.

“Alhamdulillah usulan direspon. Tokoh masyarakat bicara dengan Pak Dadang. Akhirnya Pak Dadang membantu dan sudah berkomunikasi dengan Pak Bupati. Akhirnya cita-cita warga disini untuk pengerukan irigasi bisa terlaksana,” katanya.

Sementara itu, Dadang Supriatna menilai jika aliran irigasi Ciheulang memang tidak terawat dengan baik. Perawatan irigasi Ciheulang, kata dia, sebetulnya kewenangan Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat.

“Makanya Bupati Bandung enggak bisa action lansung karena tanggung jawab PSDA. Tapi setelah kami berembug dan berkoordinasi dengan warga, kamis sepakat melakukan pengerukan secara swadaya. Ini swadaya murni. Pak Bupati membantu becko karena sangat respons dan saya siapkan dump truk,” katanya.(R Wisnu Saputra)

Editor: Dian Aisyah