Kawasan Hutan Patuha Terbakar, 120 Personel Diterjunkan Guna Padamkan Api

BandungKita.id, SOREANG – Lahan seluas 1,5 hektare di kawasan hutan Gunung Patuha yang terletak di Kabupaten Bandung terbakar sejak kemarin malam. Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) menerjunkan 120 personel untuk memadamkan api.

Kepala BKPH Perhutani wilayah Ciwidey, Slamet Maryanto mengatakan, api yang membakar hutan di gunung yang populer dengan Kawah Putihnya itu belum diketahui penyebabnya. Namun ia menduga panasnya cuaca di musim kemarau menjadi salah satu penyebab.

“Alhamdulillah api sudah dapat dikenalikan dan tidak menyebar luas,” kata Slamet kepada BandungKita.id, Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA :

Air Tak Mengalir ke Persawahan, Warga Desa Ciheulang Mengeruk Irigasi Secara Swadaya

 

 

Diberi Penghargaan Sebagai Tokoh Penggerak Olahraga, Istri Bupati Bandung Banjir Kritikan

 

Menurut Slamet, api dapat dikendalikan karena personel membuat sekat-sekat bakar agar api tidak merembet. Slamet mengatakan obyek yang terbakar adalah permukaan lantai hutan.

“Jadi bukan pohon yang terbakar. Tapi permukaan lantai hutan seperti ilalang kering dan rumput,” katanya.

Menurut dia, personel belum bisa masuk ke tengah-tengah lokasi yang terbakar untuk memadamkan api. Hal ini demi keselamatan personel karena bagian yang terbakar berada di lereng gunung yang curam dan berbatu.

Menurut dia, kebakaran hutan di wilayah Perhutani sudah terjadi dua kali dalam kurun musim kemarau 2019 ini. Kebakaran pertama terjadi pada Agutus di wilayah Alamendah.

Sementara itu Humas Obyek Wisata Kawah Putih, Dedy Heryana mengaku jika kebakaran hutan itu tidak sempat merembet ke lokasi obyek wisata. Ia mendapat informasi jika api kini sudah dapat ditangani.(R Wisnu Saputra)

Editor : M Zezen Zainal M