by

Seleksi SKB CPNS Kota Cimahi Dilanjutkan Bulan Depan, Catat Tanggalnya!

BandungKita.id, CIMAHI – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 akan segera dimulai September mendatang. Termasuk peserta yang melamar di Kota Cimahi.

Berdasarkan jadwal yang dirilis Panitia Seleksi Daerah (Panselda) CPNS Kota Cimahi, jadwal SKB CPNS akan dilaksanakan tanggal 3, 16, 29 dan 30 September di empat lokasi yang berbeda.

Pada 3 September akan dilaksanakan di Kantor UPT Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Batam khusus 1 orang peserta. Pada 16 September ada 3 peserta yang mengikuti tahapan SKB di BKN Pusat, kemudian di Kantor Regional II BKN Bandung yang diikuti 281 peserta akan dilaksanakan 29 dan 30 September.

Selain itu, ada 1 peserta yang melamar CPNS ke Kota Cimahi yang akan melaksanakan tahapan SKB di luar negeri, yakni Konsulat Jenderal RI Johor Bahru Malayasia. Peserta. Peserta tersebut bernama Nurani Maulida dari formasi Ahli Pertama Guru Bimbingan Konseling.

BACA JUGA :

Tes SKB CPNS Kota Bandung Diikuti 1.489 Orang, Begini Detail dan Prosesnya

Sempat Ditunda, Menpan RB Minta Pemda Lanjutkan SKB Tes CPNS

13.030 Peserta Perebutkan 309 Formasi CPNS Kabupaten Bandung

“Jadi total peserta yang akan mengikuti tahap II (SKB) CPNS di Kota Cimahi ada 286 orang. Ada 4 titik lokasi ujian,” terang Kepala Bidang Pengadaaan, Pembinaan, dan Pendidikan Pelatihan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Cimahi, Isnendi, Selasa (24/8/2020).

Ia menjelaskan, pelaksanaan SKB CPNS dilakukan terpisah karena saat ini masih berlangsung pandemi virus korona atau Covid-19, sehingga peserta yang berasal dari luar Jawa Barat diberikan kebijakan untuk mengikuti tahapan tersebut di daerah asal.

“Sehingga untuk mengurangi kerumunan mereka gak harus seleksi di Cimahi. Misalkan ada 1 orang dari Batam, silahkan tes di Batam,” jelas Isnendi.

Sementara untuk satu orang yang mengikuti selekai di Malayasia, terang Isnendi, yang bersangkutan terikat kontrak di negeri jiran sehingga diberikan kebijakan mengikuti tes di sana. Peserta tersebut akan tetap mendapat pengawasan langsung dari BKN.

“Dia kontrak kerja di Malaysia. Karena dia ikut seleksi tahap pertama lulus, jadi dia gak harus pulang ke Indonesia,” ujarnya.

Karena saat ini masih pandemi Covid-19, maka pelaksanaan SKB CPNS akan menerapkan protokol kesehatan sesuai yang tertera dalam Surat Edaran BKN Nomor 17/SE/VII/2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted (CAT) BKN dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai pada BKPSDMD Kota Cimahi, Jamaludin menambahkan, peserta seleksi dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan seleksi, peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat seleksi, peserta wajib menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu.

“Jika diperlukan, penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan. Tetap memperhatikan jaga jarak minimal satu meter dengan orang lain,” katanya.

Kemudian para peserta diminta menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pakai sabun, menggunakan handsanitizer, dan membawa alat tulis pribadi.

Peserta seleksi dengan suhu di atas 37,3 derajat celcius diberikan tanda khusus, dan mengikuti ujian di ruangan khusus, dan diawasi dengan petugas yang wajib memakai masker dan pelindung wajah. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien