by

Mall di Empat Kota Boleh Dibuka, Pemerintah Wajibkan Pengunjung Harus Sudah Vaksin

-Nasional, Terbaru-114 Views

BandungKita.id, Jakarta – PPKM Level kembali diperpanjang pemerintah hingga 16 Agustus 2021. Namun pada perpanjangan kali ini, pemerintah memberikan kelonggaran di sektor ekonomi dengan membuka pusat perbelanjaan atau mall.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin 9 Agustus 2021. Ia mengatakan pembukaan mall akan dilakukan selama seminggu dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

“Uji coba pembukaan dilakukan secara gradual untuk mall di wilayah PPKM Level 4 dengan memperhatikan implementasi protokol kesehatan,” katanya dikutip dari akun YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin 9 Agustus 2021.

Adapun mall yang diperbolehkan dibuka, kata Luhut yakni di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya. Namun dengan pembatasan jumlah pengunjung hingga 25 persen, dan pengunjung yang sudah di vaksin.

“Hanya yang sudah di vaksin yang bisa masuk ke mall serta pakai aplikasi pedulilindungi. Untuk anak usia 12 tahun, dan diatas 70 tahun dilarang masuk mall,” pungkasnya.

BACA JUGA:

PPKM Level Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

Pilkades Kabupaten Bandung Diundur Hingga Dua Bulan ke Depan

Satpol PP Kota Bandung Klaim Pelaksanaan PPKM Level 4 Berjalan Lancar

Sebelumnya, perpanjangan PPKM Level ini dimaksudkan untuk menjaga tingkat penurunan kasus Covid-19 di Indonesia. Hasilnya, penurunan terjadi hingga menyentuh angka 59,6 persen sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021.

Kemudian, sebanyak 26 kota dan kabupaten di Indonesia turun ke level 3, artinya ini menunjukan adanya perbaikan penanggulangan Covid-19 yang sudah cukup baik. Adapun indikator penurunan level ini, dilihat dari angka kematian pasien Covid-19 yang menurun signifikan. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei