by

Masalah Banjir Tak Kunjung Usai, Hengky Kurniawan Sentil Dinas Pekerjaan Umum Bandung Barat

-BandungRayaKita, KBB-153 Views

BandungKita.id, KBB – Permasalahan banjir yang kerap terjadi di Kabupaten Bandung Barat setiap musim hujan membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat harus menguras otak.

Pasalnya, bencana banjir menjadi ‘PR’ yang tak kunjung terselesaikan hingga saat ini. Guna menyikapi hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) untuk melakukan normalisasi terhadap sejumlah saluran irigasi yang ada di Bandung Barat.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi bencana banjir saat musim hujan tiba yang kerap terjadi di sejumlah titik akibat saluran irigasi tidak berfungsi.

“Sejak Rabu (13/10) kami telah melakukan normalisasi saluran irigasi, salah satunya di kawasan Lembang yang tahun lalu sempat meluap,” katanya belum lama ini.

Ia mengaku, telah menginstruksikan DPUTR KBB agar melakukan normalisasi saluran irigasi tersebut di seluruh wilayah Kabupaten Bandung Barat agar potensi banjir dapat ditekan secara maksimal.

“Upaya normalisasi ini akan terus dilakukan ke seluruh wilayah KBB yang saluran irigasi maupun selokan yang menjadi jalur air,” ujarnya.

Ia menyebut, ini menjadi upaya nyata pemerintah dalam melindungi masyarakat dari dampak negatif bencana yang ditimbulkan.

“Jangan sampai bencana banjir ini terulang setiap tahun di wilayah Kabupaten Bandung Barat kalau langkah antisipasi masih bisa dilakukan,” sebutnya.

Ia mengimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama berkolaborasi dan bergotong royong menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga lingkungan sekitar.

“Menjaga kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri di lingkungan sekitar dan hal itu yang lebih penting ditanamkan saat ini yakni kesadaran yang timbul dari diri sendiri,” imbaunya. (Agus Setia Nagara)

Baca Juga:

Bamperperda DPRD KBB Terima Usulan Dua Raperda

Singgung Soal Bonus Atlet Asal Bandung, Walikota Oded: Tanggungjawab Gubernur

Yuk Pahami, 7 Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat