by

Cerita Warga Cipatat yang Rumahnya Rusak Akibat Longsor

-BandungRayaKita, KBB-103 Views

BandungKita.id, KBB – Tanah longsor mengakibatkan satu rumah warga di Kampung Cipanas RT 01 RW 01, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat mengalami rusak berat. Rumah yang mengalami kerusakan tersebut diketahui milik Jaja (43).

Pada peristiwa longsor ini, rumah tersebut mengalami rusak parah pada bagian dapur akibat material longsor yang menjebol tembok kemarin sore. Akibatnya, sejumlah perabotan rumah Jaja rusak parah lantaran tertimbun tanah.

Jaja menceritakan, longsor terjadi pada sore hari ketika hujan turun dengan intensitas yang cukup deras. Dirinya kaget setelah mendengar anaknya berteriak karena melihat kondisi belakang rumahnya hancur diterjang longsor.

“Lihat dinding sudah jebol, saya ajak anak dan istri keluar untuk menyelamatkan diri. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” ujarnya, Selasa (16/11/2021).

Sebelum merusak rumahnya, Jaja sempat mendengar suara gemuruh air dan tanah. Hingga akhirnya tebing setinggi 10 meter yang berada di dekat rumahnya longsor dan menerjang bangunan yang berada disekitarnya.

Baca Juga

Akses Jalan di Cipatat Terputus Akibat Longsor

Longsor Terjang Dua Lokasi di Cipatat Bandung Barat

Lebih lanjut, ia mengaku saat ini akibat peristiwa ini dirinya terpaksa memboyong keluarganya sementara waktu tinggal di rumah kerabatnya. Hal ini juga sebagai bentuk antisipasi, apabila longsor susulan mengingat beberapa hari terakhir hujan deras sering terjadi.

“Kami ngungsi sementara karena khawatir ada bencana susulan. Sebagian barang-barang dititipkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, longsor terjadi di Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon akibat hujan deras yang terjadi sejak sore hari kemarin.

Dalam peristiwa ini, tercatat satu rumah milik warga mengalami rusak berat, sedangkan dua rumah lainnya terancam. Disebutkannya, akibat longsor ini tidak sampai memakan korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei)