by

Selama Tiga Hari, Dishub KBB Uji Coba Flyover Simpang Padalarang

BandungKita.id, KBB – Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat melakukan uji coba Flyover Simpang Padalarang dilintasi oleh kendaraan. Uji coba ini berlangsung mulai hari ini, Sabtu (27/11/2021) hingga senin pekan depan.

Kepala Dishub KBB, Lukmanul Hakim menerangkan, uji coba ini dilakukan sebagai bahan evaluasi untuk penerapan skema lalu lintas di Simpang Padalarang sebelum dipermanenkan. Diharapkan, selama tiga hari uji coba ini didapati skema lalu lintas yang bisa mengurai kemacetan.

“Setelah itu akan kita evaluasi seperti apa pola rekayasa yang tepat. Baru kita terapkan setelah itu,” katanya kepada awak media, Jumat (26/11/2021).

Lebih lanjut, dirinya mengaku telah menyiapkan tiga skema uji coba di flyover ini. Kemudian, selanjutnya dilakukan evaluasi terkait hasil uji coba yang dilakukan selama tiga hari ini.

“Evaluasi hari selasa dan kita akan putuskan dengan Polres Cimahi. Seperti apa pola arus lalin yang cocok kondisi sekarang,” katanya.

“Dua jalur akan kita buka, jadi seolah ini sudah beroperasi. Karena itu memang harus evaluasi seperti apa,” tambahnya.

BACA JUGA:

Flyover Simpang Padalarang Resmi Dibuka, Kemacetan Diharapkan Berkurang

Nataru PPKM Level 3, Obyek Wisata di Bandung Barat Tidak Tutup

Ia menyebutkan, flyover ini diperuntukkan untuk kendaraan jenis atau tipe minibus. Sedangkan kendaraan berjenis besar seperti over dimension over load (ODOL) tidak diperbolehkan melintas.

“Ini yang biasa-biasa dulu. Nanti akan diarahkan keluar masuk sini,” ucapnya.

Lukman menambahkan, pada uji coba ini pihaknya akan melengkapi sejumlah rambu-rambu lalu lintas. Hal ini guna memudahkan pengguna jalan.

“Rambu sementara kita secara portable dulu. Contoh juga kita akan pasang juga trafic light yang portable disekitar Giant dan alternatif,” pungkasnya.

Sebelumnya, resmi dibuka Flyover Simpang Padalarang oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, Jumat (26/11/2021). Flyover ini diharapakan dapat mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Padalarang.

Flyover yang memiliki panjang 340 meter dari Gerbang Tol Timur Padalarang hingga Kota Baru Parahyangan ini merupakan yang pertama di KBB. (Faqih Rohman Syafei)