by

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, Dishub KBB Gelar Pembinaan Kedisiplinan Pegawai

BandungKita.id, KBB – Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat menggelar pembinaan kedisiplinan pegawai dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan yang diikuti oleh pegawai di lingkungan Dishub KBB ini bertempat di Gedung UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Cikamuning Kecamatan Padalarang, Rabu (1/12/2021).

Kadishub KBB, Lukmanul Hakim mengatakan, kegiatan ini dalam rangka upaya pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di kalangan pegawai.

Lebih lanjut, tujuannya sebagai upaya preventif serta mitigasi agar para pegawai Dishub KBB terhindar dari penyalahgunaan barang haram tersebut. Pasalnya, apabila sudah sekali mencoba akan berdampak buruk karena dapat menimbulkan efek ketergantungan.

“Apalagi sampai tertangkap oleh polisi atau BNN, bisa jadi akan diproses secara hukum dan konsekuensinya apabila terbukti maka secara otomatis akan dilakukan proses Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) sebagai ASN,” katanya, Rabu (1/12/2021).

BACA JUGA:

Buka Muskota Kadin, Wakil Wali Kota Bandung Ajak Pengusaha Pulihkan Ekonomi

778 Sekolah di Kota Bandung Siap Laksanakan PTMT Gelombang 3

Dalam kegiatan ini, Dishub KBB turut menggandengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) KBB, AKBP Julian yang turut memberikan pengarahan terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Menurutnya, penyalahgunaan narkoba di kalangan ASN termasuk di kalangan pejabat publik sudah beberapa kali terjadi. Bahkan, beberapa diantaranya juga sudah diproses secara hukum dan dijatuhi hukuman penjara.

“Sebagai pegawai yang bekerja pada pemerintah daerah baik itu ASN maupun PTT mempunyai kewajiban untuk memberikan keteladanan dan menghindarkan diri dari perbuatan tercela termasuk penyalahgunaan narkoba,” katanya.

Kegiatan ini, ditutup dengan tes urine yang diikuti oleh sejumlah pegawai Dishub KBB yang dipilih secara acak. Hasilnya dinyatakan seluruhnya negatif. (Faqih Rohman Syafei).