by

Camat Cipongkor Akan Dorong Inisiasi Eceng Gondok Jadi Pakan Ikan dan Ternak Di Saguling

BandungKitaid, SAGULING – Eceng gondok atau dengan nama latin dikenal dengan Eichhornia crassipes, adalah salah satu jenis tumbuhan air mengapung.

Mungkin sebagian dari kita pernah melihat eceng gondok. Ya, tumbuhan air ini bisa ditemukan ke kolam danau, rawa, ataupun sungai.

Eceng Gondok memiliki batang yang tergolong panjang dengan daun berbentuk hati. Bila berbunga, membuat pemandangan lebih indah. Namun ternyata, eceng gondok bila dibiarkan dapat merusak lingkungan perairan.

Diwilayah waduk saguling Cipongkor Bandung Barat, sosok Yayat Ruhyat SIP, MSi yang menjabat Camat Cipongkor KBB, disebut-sebut tengah menginisiasi program pengolahan eceng gondok menjadi pakan ternak bersama timnya.

Saat ditemui, Yayat yang tengah ada di Lokasi Cikadu desa Cicangkang hilir kecamatan Cipongkor (selasa 22 Maret 2022) mengungkapkan keprihatinannya terkait kondisi waduk saguling yang terganggu oleh tanaman eceng gondok.

“Coba lihat pak, tanaman ini cepat sekali merambatnya, jika tidak dibersihkan akan menutupi permukaan air diwilayah ini” ungkapnya kepada Bandungkitaid sambil menunjuk kearah tanaman eceng gondok di perairan waduk saguling.

Menurutnya, perlu adanya upaya berbagai pihak untuk dapat memanfaatkan keberadaan eceng gondok tersebut menjadi bahan yang berguna bagi kebutuhan masyarakat dan dan dunia peternakan.

Baca Juga:

Eceng Gondok Lagi-Lagi Pusingkan Peternak Keramba Ikan Saguling

Rajapolah, si Primadona Handicraft Jawa Barat yang Tembus Pasar Eropa

“Kita semua wajib melihat ini sebagai potensi, jangan justru melihat ini sebagai sebuah kendala atau masalah, memang menurut penelitian, tumbuhan ini mengurangi jumlah oksigen dalam air, sedimentasi, mengurangi jumlah air, mengganggu lalu lintas di perairan, dan lainnya” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut Ia pun memaparkan tentang rencana pengolahan Eceng gondok menjadi pakan ternak dan bahan bangunan seperti Conblock dan Paving block.

“Saat ini sudah ada kesepahaman terkait kondisi ini, Saya mewakili Pihak pemerintahan di wilayah Kecamatan Saguling akan bekerjasaama dengan pihak Indonesia Power (IP) dan juga mitra kami PT.Sera untuk terus mewujudkan supaya keberadaan eceng gondok ini dapat dimanfaatkan sebagai potensi wilayah”. tandasnya

https://bandungkita.id/wp-content/uploads/2022/03/WhatsApp-Video-2022-03-23-at-08.48.23.mp4
Camat Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, Yayat Ruhyat SIP, MSi

Saat ditanya sudah sejauhmana kesepahaman yang dimaksudkan, Yayat, Camat yang akan segera memasuki masa purna bhakti ini menjawab sedang mempersiapkan tahapan pemenuhan proses administrasi.

“Sudah, Alhamdulilah proses administras dan perijinannya sedang di tempuh, bahkan sudah ada tawaran untuk menggandeng salah satu Perseroan Terbatas (PT) yaitu PT.Sera, dimana nantinya akan bekerjasama dgn pihak IP, administrasinya akan di tempuh secara prosedural dari mulai ijin dan kerjasama dgn pihak IP juga PT.Sera, mudah-mudahan ini segera terwujud dan bermanfaat” Tegasnya seraya berharap. (Dhomz/BandungKitaid)