by

Simak Tips Berbelanja Online yang Aman Berikut Ini

-Advertorial-181 Views

Belanja online adalah cara yang bagus untuk membandingkan harga, menemukan penawaran menarik, dan menghemat uang dengan memanfaatkan koneksi internet atau data seluler. Namun, popularitasnya terus meningkat dan begitu juga risikonya. Saat ini semakin banyak orang yang mencoba melakukan penipuan karena Anda tidak perlu bertemu dengan penjual secara langsung.

Berbelanja online jadi salah satu cara untuk membeli barang tanpa repot, lebih efisien dan mudah. Terlebih di era pandemi COVID-19 ini, belanja online sudah pasti lebih aman daripada ke luar rumah.

Terlepas dari kemudahannya dalam berbelanja melalui ponsel atau komputer di rumah, belanja online tidak hanya sekedar belanja kebutuhan dengan membayar harga terendah. Anda juga harus memastikan bahwa produk tiba tepat waktu, kualitasnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan, dibekali dengan garansi yang sesuai, dan ada cara bagi Anda untuk mengembalikan produk atau mendapatkan jawaban dari segala permasalahan yang Anda temukan.

Untungnya, Anda bisa memperoleh pengalaman belanja online yang aman dan terjamin dengan mengikuti beberapa aturan sederhana di bawah ini.

Pastikan reputasi penjual

Terdapat berbagai situs belanja di internet sekarang ini dengan ribuan penjual independen. Sebagian besar merchant memang benar-benar sah dalam berjualan, tetapi Anda juga akan menemukan berbagai jenis “pedagang” yang curang dengan melakukan sedikit riset.

Jika Anda menggunakan situs yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya, cari tahu dan pastikan apakah mereka memiliki review yang negatif. Untuk mengurangi risiko terkena penipuan, akan lebih baik untuk melakukan transaksi melalui situs yang sudah dipastikan reputasinya.

Jangan berbagi informasi secara berlebihan dari yang diperlukan

Tidak ada penjual online yang memerlukan nomor KTP atau hari ulang tahun Anda untuk memproses transaksi. Namun, jika sampai para penipu mendapatkan nomor kartu kredit atau data pribadi Anda, hal ini tentunya berbahaya.

Beberapa perusahaan mengajukan pertanyaan tentang hobi atau minat Anda dalam berbelanja, tetapi pilihan ini opsional dan Anda harus berhati-hati dalam memberikan informasi. Jika memungkinkan, coba untuk selalu memberikan data pribadi sesedikit mungkin.

Selalu lakukan pemesanan dari koneksi yang aman

Informasi transaksi, kata sandi atau bahkan seluruh data yang Anda simpan dalam perangkat Anda memiliki risiko dicuri jika komputer Anda tidak terlindungi dari potensi-potensi berbahaya. Jika Anda berbelanja online saat menggunakan jaringan wireless, pastikan jaringan tersebut sudah terlindungi dan terenkripsi sehingga orang lain tidak dapat mengumpulkan informasi Anda. Hindari melakukan transaksi apa pun saat menggunakan jaringan publik.

Waspadalah terhadap penawaran diskon besar

Setiap toko online yang menjanjikan terlalu banyak dengan harga yang terlalu rendah mencurigakan. Jika harganya terlalu rendah, bisa jadi tanda-tanda adanya penipuan. Baca terlebih dulu review penjual dari konsumen lainnya. Pastikan barang yang datang adalah barang yang sesuai dengan yang dipesan dengan membaca ulasan terdahulu.

Buat kata sandi yang kuat

Anda akan sering diminta untuk membuat akun dengan kata sandi saat melakukan pembelian. Walau begitu, hal ini tidak berlaku untuk semua situs dan Anda dapat memilih untuk tidak mendaftarkan akun pada beberapa situs.

Jika Anda akan membuat sebuah akun, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang unik dan kuat. Memastikan password yang kuat bisa diibaratkan seperti kunci aman akan membuat data atau informasi Anda lebih aman tersimpan. Jadi, buat dan pilih kata sandi akun yang paling aman ya.

Lacak barang pembelian Anda

Setelah Anda melakukan pembelian secara online, lakukan tracking untuk memastikan produk yang Anda beli sesuai dengan keinginan Anda. Penipu tidak jarang diketahui membuat lapak di situs e-commerce palsu untuk menarik pelanggan.

Jika penjual menolak untuk memberikan info pengiriman atau menanggapi permintaan Anda dalam melacak status pesanan Anda, pastikan untuk hubungi bank atau pihak yang terkait Anda agar bisa mendapatkan bantuan dan melakukan pengecekan lebih lanjut.

Lakukan pengecekan pada tagihan Anda secara teratur

Alih-alih menunggu tagihan Anda datang di akhir bulan, periksa tagihan online secara teratur, terutama selama musim liburan, untuk melihat laporan elektronik kartu kredit, kartu debit, dan rekening Anda. Untuk transaksi yang lebih terpercaya, Anda disarankan untuk melakukan transaksi dengan kartu kredit.

Sebab, jika kartu debit Anda disadap, para penipu akan memiliki akses langsung ke informasi personal, bahkan bisa langsung mencuri dana yang Anda miliki. Oleh sebab itu, langsung lakukan panggilan telepon ke bank apabila Anda melihat ada masalah atau isu yang mencurigakan. Dalam kasus kartu kredit, bayar tagihan hanya jika Anda sudah memastikan seluruh pembayaran yang masuk.

Berbelanja online memang lebih mudah dan efisien, tanpa perlu ke luar rumah barang langsung sampai. Namun, Anda memang harus ekstra hati-hati saat melakukan transaksi. Jadi, apakah Anda sudah siap berbelanja online?(*)

Comment