by

Inilah Jenis-Jenis Pekerjaan Programmer di Bidang Komputerisasi Digital

Bandungkitaid, Advetorial – Programmer merupakan profesi yang berkaitan dengan bidang komputerisasi digital yang kini banyak dicari perusahaan. Mungkin Anda menjadi salah satu yang ingin berkarir di bidang ini. Klik di sini untuk info lebih lanjut bila Anda tertarik untuk meniti karir menjadi seorang programmer.

Menjadi seorang programmer bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait bahasa pemrograman. Tidak heran, kalau bekerja di bidang ini haruslah menguasai bahasa pemrograman.

Adapun pekerjaan utamanya adalah untuk menulis kode program, melakukan pembuatan atau editing algoritma program. Selanjutnya, pemrogram akan berkolaborasi dengan tim lainnya atau departemen terkait dalam suatu perusahaan.

Oleh karena itu, seorang programmer menjadi profesi yang haruslah memperhatikan detail dan hasil pekerjaan. Hasilnya, seperti produk yang digunakan sehari-hari. Misalnya komputer, laptop, ponsel, dan lain-lain, salah satunya berkat kehadiran programmer.

Mengenal Jenis-Jenis Pekerjaan Programmer Perusahaan

Berbicara mengenai pemrograman, setiap perusahaan memiliki beberapa jenis posisi berbeda. Posisi programmer akan menjadi pekerja yang bertanggung jawab atas pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman.

Proses pembuatan ini diantaranya adalah perancangan, penulisan kode, hingga pengujian program yang akhirnya siap digunakan. Programmer juga membuat berbagai sistem digital seperti website, software, aplikasi web hingga aplikasi seluler.

Supaya programmer mampu menciptakan sebuah sistem yang baik, maka penting untuk memiliki keterampilan bahasa pemrograman. Dengan keahlian dan penguasaan ini, maka berbagai pekerjaan di bidang pemrograman bisa Anda jadikan karir ke depan seperti berikut.

1. Data Scientist

Sesuai dengan namanya, job desk pekerjaan ini berkaitan dengan data dan bukan pembuatan aplikasi. Menjadi data scientist, maka Anda haruslah memiliki keahlian yang tinggi dalam bidang analisis data.

Adapun keahlian ini harus Anda dukung dengan kemampuan matematika maupun statistika yang baik.

Diperlukan keahlian yang mumpuni, lantaran meningkatnya bisnis online sekarang ini cenderung meningkat. Dengan kesempatan yang terbuka lebar ini, menjadi programmer dalam bidang data scientist memiliki cukup banyak peminat.

2. Web Developer

Web developer menjadi salah satu jenis pekerjaan programmer yang berfokus dalam membangun dan mengembangkan website. Menjadi web programmer menjadi sangatlah populer dan cukup banyak perusahaan butuhkan.

Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan website development. Web developer sendiri terdiri dari 3 jenis, diantaranya sebagai berikut.

Front End Developer – Pekerjaan yang berfokus pada tampilan maupun desain suatu website, serta memperhatikan user interface maupun user experience. Untuk Front End Developer ini menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, serta JavaScript.
Back End Developer – Bidang pekerjaan Back End Developer memiliki tanggung jawab atas website agar bekerja dengan baik. Adapun pekerjaannya adalah tanggungjawab atas server, pertukaran data, database, coding dan berbagai kinerja lainnya.
Sementara untuk bahasa pemrograman yang bisa dipakai seperti PHP, Node JS, SQL, Phyton, serta JavaScript.

Full Stack Developer – Full Stack Developer merupakan gabungan antara front end dan back end developer. Pekerjaannya adalah untuk memastikan bahwa tampilan website unik dan intuitif. Sekaligus juga menjaga kestabilan dan juga keamanan suatu website.

3. Hardware Engineer

Untuk menjadi seorang hardware engineer, maka Anda harus mampu menciptakan set instruksi yang ada di ruang penyimpanan informasi hardware.

Tujuan pembuatan set instruksi ini adalah supaya hardware bisa melakukan perintah yang diinginkan. Seperti halnya perintah untuk mematikan atau mengaktifkan keyboard.

4. Data Administration

Database Administration adalah programmer yang berkutat dengan data. Berbeda dari sebelumnya, jenis programmer ini bekerja dalam hal pengelolaan keamanan data atas sistem ataupun program.

Menjadi database administrator, memungkinkan Anda harus memiliki kemampuan mengenai query yang merupakan sarana komunikasi data dan database. Selain itu, penting pula untuk menguasai ilmu statistik dan kemampuan analisis data.

Ketika Anda telah memiliki skill database yang memadai, maka pekerjaan Anda sebagai programmer akan jadi jauh lebih mudah.

5. Software Developer

Beberapa jenis profesional, bekerja secara khusus untuk membuat aplikasi atau software. Baik itu untuk skala kecil atau skala besar, seperti di tingkat perusahaan.

Adapun jenis software yang dikembangkan, seringkali secara khusus hanya untuk satu sistem operasi. Namun saat ini, perkembangan software membuatnya bisa berjalan di berbagai sistem operasi perangkat digital.

Seperti halnya sistem operasi Windows, MacOS, Android, dan perangkat lainnya. Untuk job desk software developer lainnya, yaitu bekerja untuk merancang, mengelola, serta mengorganisir data software guna mendukung kinerja programmer agar lebih optimal.

6. Mobile App Developer

Menjadi salah satu pekerjaan programmer yang tengah naik daun, ada mobile app developer. Bidang pemrograman ini fokus pada pengembangan aplikasi mobile. Termasuk aplikasi yang berbasis Android dan juga aplikasi iOS.

Hal ini memungkinkan penggunaan aplikasi menjadi lebih praktis. Hadirnya smartphone dan tablet yang canggih, membuat berbagai kebutuhan akan aplikasi mobile juga semakin meningkat.

Anda berencana menjadi seorang programmer handal dan profesional? Pilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda, serta penguasaan yang dimiliki.(*)