by

Cecep Bidik Drumer Naff jadi Calon Bupati Tasikmalaya?

BandungKita.id, POLITIK – Pilkada 2024 memang masih cukup lama. Namun dalam dunia politik, waktu dua tahun mungkin masih terlalu singkat bagi para politikus untuk menyiapkan berbagai “perbekalan” guna bertarung dalam kontestasi di tahun politik 2024.

‘Bekal’ para aktor dunia politik tentu saja bukan hanya perkara logistik. Bagaimana menaikkan popularitas serta elektabilitas hingga mempersiapkan kendaraan politik juga merupakan pekerjaan maha berat bagi politisi yang berniat mengikuti kontestasi di pemilu baik itu pilpres, pileg maupun pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 mendatang.

Baca Juga:

Meskipun wacana penundaan pemilu 2024 masih terus bergulir, tampaknya pemilu 2024 akan tetap berlangsung sesuai jadwal.

Selain karena derasnya penolakan dari berbagai elemen masyarakat dan mahasiswa dengan aksi masifnya yang turun ke jalan menyuarakan penolakan penundaan pemilu dan masa jabatan presiden tiga periode, yang termutakhir sinyal pemilu akan tetap digelar pada 2024 adalah dengan dilantiknya komisioner KPU dan Bawaslu RI oleh presiden.

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi sebagian politikus yang sejak jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk terjun pada kontestasi Pilkada 2024. Mereka yang awalnya ‘mandog mayong’ karena ketidakjelasan jadwal pemilu apakah ditunda atau digelar sesuai jadwal, kini bisa bernafas lega dan kembali bersiap tancap gas untuk mematangkan persiapan.

Salah satu daerah yang menarik diperhatikan adalah Kabupaten Tasikmalaya. Pertemuan berbau agenda politik menjadi riak awal di daerah yang terkenal dengan sebutan Kota Santri tersebut.

Adalah Wakil Bupati Tasikmalaya, H Cecep Nurul Yakin yang tampak ‘mencuri perhatian’ memanfaatkan momentum. Pria yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat itu kedatangan tamu istimewa yakni seorang artis, tepatnya seorang musisi top asal Bandung, Hilal Naff.

Mungkin bagi sebagian orang, namanya belum terlalu familiar. Hilal adalah pentolan band papan atas Tanah Air, Naff yang lagu-lagunya begitu hits beberapa tahun lalu. Di kalangan artis dan musisi, nama Hilal cukup populer dan dikenal luas sebagai drummer papan atas Indonesia.

Selain agenda silaturahmi yang seolah sudah menjadi alasan lazim para politisi, adakah agenda pokitik yan dibahas antara keduanya. Apakah pertemuan tersebut juga terkait pilkada 2024?

“Ah tidak hanya sowan aja, silaturahmi,” kata Hilal saat ditanya BandungKita.id perihal agenda pertemuannya dengan Wakil Bupati Tasikmalaya, Rabu (03/4/2022) lalu.

Musisi bernama asli Hilal Hamzah ini mengaku berbincang banyak hal dengan Cecep Nurul Yakin pada acara silaturahmi tersebut. Ia juga tidak menampik sangat tertarik pada daerah Tasikmalaya.

Disinggung apakah dirinya ditawari Cecep untuk mengikuti kontestasi Pilkada Tasikmalaya, drummer berparas ganteng itu awalnya tampak masih malu-malu. Namun ia tidak membantah jika dirinya tertarik untuk mendampingi Cecep di Tasikmalaya.

“Aduh, saya langsung ditembak gini, saya main, tanya-tanya soal anak muda disana, soal-soal potensi dan kendala kang Cecep disana lah, kalo soal itu saya belum tau tapi tidak memungkiri juga Sekarang banyak juga kan artis atau musisi terjun ke dunia politik,” kata Hilal sambil tertawa ringan.

Fenomena artis atau musisi terjun ke dunia politik praktis memang bukan hal baru di Indonesia. Bahkan banyak dari mereka yang sukses menjadi kepala daerah atau wakil kepala daerah.

Sebut saja aktor Zumi Zola yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jambi. Ada pula artis papan atas Hengky Kurniawan yang kini menjadi Plt Bupati Bandung Barat, Sahrul Gunawan yang sukses menjadi Wakil Bupati Bandung.

Ada pula musisi sekaligus vokalis grup band Ungu, Pasha yang menjadi wakil wali kota Palu atau Lucky Hakim yang kini menjadi wakil Bupati Indramayu.

Memang Kesuksesan banyak artis dan musisi di dunia politik, menjadikan motivasi tersendiri bagi Hilal jika harus mencoba mengabdi dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Apalagi, kata dia, keluarga dan juga rekan di Band-nya Naff, juga mendukung penuh jika Hilal berniat terjun ke dunia politik.

“Kalau melihat kawan-kawan yang lebih duluan terjun memang alhamdulilah ya berhasil” ungkap Hilal sambil tersenyum.

Meski dunia politik merupakan hal yang baru bagi dirinya, ia mengaku tidak memiliki kendala berarti untuk beradaptasi. Pasalnya, Hilal mengaku cukup banyak memiliki sahabat yang kini menjadi politisi di sejumlah partai politik.

“Kang Najib Qadratullah (angota DPR RI dari PAN) adalah salah satu sahabat saya. Nanti saya juga mau ngobrol dan belajar sama beliau,” ujarnya.

Hilal mengakui dirinya tertarik berkiprah di Tasikmalaya karena kabupaten dengan sejuta pesantren itu merupakan wilayah yang sangat kaya dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi daerah maju di Jawa Barat maupun di Indonesia.

Bersambung..

Video Pilihan