by

Tidak Direspon Mendagri, Pasca Jadi Walikota Yana Lantik 130 Pejabatnya Langsung

BandungKitaid, BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana melantik 130 orang pejabat fungsional dan administrasi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, di Plaza Balai Kota, Selasa 19 April 2022.

Dari 130 pejabat yang dilantik, 60 di antaranya merupakan jabatan administrasi dan 70 jabatan fungsional.

Yana melantik para pejabat setelah sebelumnya dilantik di Gedung Sate pada Senin, 18 April 2022.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjelaskan, Pemkot Bandung sebenarnya telah mengajukan surat izin pelantikan pada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun lalu. Namun, belum kunjung menerima respon yang pasti.

“Ini tindak lanjut dari surat yang pemkot Bandung kirimkan pada 28 Desember 2021 ke Kemendagri, untuk saya sebagai Plt Wali Kota melantik para pejabat di Kota Bandung. Tapi, ternyata belum keluar izinnya. Maka, setelah saya definitif, akhirnya boleh melantik sendiri,” jelas Yana saat ditemui di Plaza Balai Kota Bandung.

Yana menambahkan, pelantikan ini juga merupakan wujudkan pelayanan publik dan memenuhi janji politiknya bersama almarhum Oded M. Danial (Mang Oded).

Melalui pelantikan ini, Yana menekankan, agar para pejabat khususnya kepala sekolah (kepsek) mampu untuk terus berinovasi. Sehingga mampu mengejar ketertinggalan agar pendidikan yang tersampaikan jauh lebih efektif sampai ke anak didik.

“Pelantikan ini bukan sekadar untuk mengisi jabatan kosong. Diharapkan para kepsek bisa membantu memperluas akses pemerataan pendidikan dan peningkatan mutunya sesuai UU nomor 20 tahun 2003,” tegasnya.

Sebab, bagi Yana, peran kepsek tidak tergantikan terutama sebagai pendorong sistem hubungan sosial yang tak hanya mendorong kecerdasan intelektual, tapi juga mental dan spiritual para peserta didik ke depannya.

Selain jabatan fungsional, beberapa pejabat administrasi pun dilantik pada kesempatan ini. Antara lain, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung yang sekarang ditempati oleh Darto.

Lalu, Kepala Camat Sukajadi yang baru diamanahkan kepada Inci Dermaga Mustawan. Kemudian, Kepala Lurah Cipaganti diganti menjadi Ida. Ada pun Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung yang sekarang dijabat oleh Ira Dewi Jani.

Salah seorang yang menyambut gembira pelantikan ini adalah Elis Rahmawati.

Ia merupakan salah satu kepala sekolah di Kota Bandung. Ia telah menanti sejak beberapa tahun lalu.

“Ini proses yang ditunggu-tunggu oleh kami dan banyak pihak karena bisa dikatakan Bandung itu darurat pendidikan ya, dengan kosongnya posisi kepala sekolah di beberapa tempat. Semoga kami bisa amanah,” ungkap Elis yang dilantik menjadi Kepala SMPN 32 Bandung. (*)