by

Seribu Obor Terangi KawasanTamansari, Warga Juga Lakukan Ini!

Bandungkitaid, KOTA BANDUNG – Ribuan warga Kota Bandung berkumpul dikawasan Jalan Tamansari untuk memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriah pada 31 Juli 2022.

Berbagai kegiatan mulai dari sholawat berjamaah, pawai obor, hingga lomba tumpeng dan menyantuni anak yatim piatu meriahkan pergantian tahun bagi kaum muslim tersebut.

Menurut Lurah Tamansari Bandung, Dadang Sobandi, kegiatan tersebut merupakan bentuk syukur warga Tamansari menyambut tahun baru 1 Muharam setelah dua tahun saat kasus Covid-19 memuncak.

Kegiatan tersebut pun sebagai upaya mempererat kembali tali sulaturahmi antar warga secara tatap muka usai selama ini kerap dilakukan secara daring atau online.

“Kami berharap kegiatan ini akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat tamansari, akan lebih kondusif, juga silaturahim antar warga tetap terjalin,” kata Dadang di Tamansari, Kota Bandung, Minggu, 31 Juli 2022.

Ia menuturkan, pihak kelurahan telah mewanti-wanti kepada panitia pelaksana untuk menempuh prosedur perizinan dengan baik terkait kegiatan tablig akbar dengan tema Tamansari Bersatu tersebut.

Terlebih Kota Bandung saat ini masih masuk PPKM Level 1 di masa pandemi Covid-19.

“Saya menyampaikan kepada panitia segala prosedur untuk ditempuh sesuai dengan perwal 88 tahun 2022 yang mengatur tentang kegiatan di masa pandemi Covid-19 level 1 di Kota Bandung ini,” sahutnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana tablig akbar, Sukwani Sabran mengatakan, kegiata tersebut diikuti oleh sekitar 1.000 warga baik saat shalawat berjamaah serta pawai obor.

Sukwani mengaku, pihaknya pun menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari pemerintah salah satunya menyediakan hainsanitaizer serta masker.

“Sekitat seribu warga yang terlibat dari seluruh RW (rukun warga) di Tamansari. Mulai dari sholawatan, lomba tumpeng, dan pawai obor nanti malam mengelilingi beberapa titik jalan dekat Tamansari.

Protokol kesehatan tentu kita perhatikan juga, kita juga menyiapkan seribu masker untuk warga,” ujar Sukwani ditempat yang sama.Kegiatan peringatan 1 Muharram 1444 H pun, lanjutnya, yang menjadi inti acara yaitu berbagi santunan.

Diakuinya dari acara tersebut berhasil terkumpul dana sebesar Rp26.240.000 yang disalurkan untuk anak yatim piatu yang berada di Tamansari.

“Jumlah tersebut kami berikan kepada anak yatim piatu yang ada di Tamansari. Karena untuk saat ini kami masih mengutamakan warga diwilayah kami, masing-masing anak kami berikan Rp160.000,” ungkapnya.(*)