by

Resmikan Revitalisasi Situ Ciburuy, Ridwan Kamil: Hadiah untuk Warga KBB

BandungKita.id, KBB – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mempersembahkan wajah baru Situ Ciburuy setelah rampung direvitalisasi sejak 2019 silam. Situ Ciburuy pun menjadi kian menarik untuk dikunjungi serta menjadi hadiah dari Ridwan Kamil untuk warga Kabupaten Bandung Barat.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil usai meresmikan revitalisasi Situ Ciburuy pada Sabtu (13/8/2022) yang ditandai dengan menabur benih ikan sebanyak 77 ekor.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, revitalisasi Situ Ciburuy sebagai upaya Pemprov Jabar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pasalnya diarea situ tersebut terbagai berbagai penjual makanan yang mayoritas masyarakat setempat.

“Situ ini diselesaikan, sehingga tempat-tempat yang dulu tidak tertata, warung warung yang kumuh, sekarang sudah bisa dilihat rapih bersih, warga bisa berinteraksi. Ini hadiah buat warga KBB menambahi pusat pusat pariwisata yang memang sudah luar biasa,” ucap Emil usai meresmikan revitalisasi Situ Ciburuy.

Wajah baru situ tersebut pun diharapkan Emil menjadi tempat istirahat bagi pengendara baik dari arah Cianjur maupun Bandung. Terlebih situ tersebut berada dipinggir ruas jalan utama penghubung Bandung-Cianjur, yang tentunya, lanjut Emil, memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

“Sehingga bisa menjadi kembali lagi jadi rest area antara orang dari Bandung mau ke Cianjur, Sukabumi, Bogor, Jakarta, atau sebaliknya bisa berhenti dulu. Disini ada kegiatan jual beli barang, UMKM kebanggaan KBB, Jawa Barat, juga kulinernya warung-warung yang dulu memang khas melihat Situ Ciburuy tempatnya sudah representatif,” bebernya.

Emil pun meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan wajah baru situ tersebut yang menelan anggaran sebesar Rp32 miliar. Ia berharap, masyarakat proaktif untuk turut melaporkan jika ada yang mencemari kawasan tersebut termasuk buang limbah.

“Terakhir titip, masih ada laporan pencemaran dari warga sekitar maupun industri. Sudah saya tegaskan dinas lingkugan hidup, kepolisian, TNI, untuk mendisiplinkan,” tegasnya.