Tunjuk Luis Milla, Persib Sodorkan Kontrak 2 Tahun

BandungKita.id, PERSIBKITA – Sebagai bentuk komitmen untuk segera membangun kekuatan tim terbaik, Persib Bandung langsung segera bergerak mencari pelatih baru untuk mengarungi ketatnya kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Hasilnya, Persib langsung menggandeng mantan pelatih Tim Nasional Indonesia (2017-2018), Luis Milla.

Setelah menandatangani kontrak, pelatih asal Spanyol ini akan segera menangani Persib untuk melanjutkan perjuangannya untuk bangkit di kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Sebelum Luis Milla datang, Persib untuk sementara ditangani asisten pelatih Budiman yang telah memberikan dua kemenangan penting untuk PERSIB.

Direktur PT PERSIB Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengungkapkan, penunjukkan Luis Milla bukan semata untuk kepentingan jangka pendek yaitu memperbaiki performa Persib di sisa musim ini, melainkan sebagai upaya membangun kekuatan tim yang tidak bisa dilakukan secara instan.

Menurut Teddy, membangun kekuatan sebuah tim membutuhkan waktu dan proses jangka panjang agar Persib bisa menjadi juara, baik di level nasional maupun Asia.

“Luis Milla merupakan pelatih yang memiliki konsep dan strategi build-up team, sehingga sesuai dengan visi dan misi kami untuk membangun tim Persib yang sangat solid dan dapat berprestasi, baik nasional maupun di kompetisi Asia,” kata Teddy.

Luis Milla merupakan pelatih bertaraf internasional yang memiliki reputasi baik. Sebagai pelatih, Luis Milla pernah membawa Spanyol mengangkat trofi juara Piala Eropa U-21 2011. Kurang dari dua tahun menangani Tim Nasional Indonesia, baik senior maupun U-23, Luis Milla mempersembahkan medali perak SEA Games 2017 dan babak 16 Besar Asian Games 2018.

“Dengan pengalaman yang luar biasa itu dan tentu saja sudah terbiasa merasakan atmosfer persaingan dan passionate dari fans, kami memutuskan untuk memberikan kepercayaan kepada Luis Milla menjadi pelatih baru Persib,” tegas Teddy.

Alasan lain yang tidak kalah pentingnya, Luis Milla pernah menangani Tim Nasional Indonesia. Dengan begitu, ia sudah mengenal atmosfer persepakbolaan nasional, termasuk kemampuan para pemain Liga 1, dan masih mengikuti perkembangannya hingga saat ini, sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk beradaptasi.

“Dengan penunjukan Luis Milla sebagai pelatih yang kami kontrak selama 2 musim kedepan dengan opsi perpanjangan, kami berharap dapat memberikan semangat baru bagi seluruh keluarga besar PERSIB saalam dunya,” ujar Teddy.

Selain itu, Luis Milla juga akan didampingi oleh 2 orang asisten pelatih, dan akan segera bergabung dengan tim dalam waktu dekat. Kedua asisten ini akan menangani fisik para pemain bersama dengan Coach Yaya dan asisten pelatih utama bersama dengan Coach Budiman.

Pelatih baru Persib, Luis Milla pun merasa terhormat mendapat kepercayaan menangani klub sebesar PERSIB. Apalagi, bagi Milla, PERSIB adalah klub pertama yang ditanganinya di Indonesia.

“Ini sebuah kehormatan buat saya. Persib adalah klub sepakbola professional yang memiliki visi dan misi mengembangkan tim secara jangka panjang, dimana hal tersebut sesuai dengan filosofi saya. Saya harus menjawab kepercayaan besar dari Persib dengan kerja keras dan membangun kerjasama tim yang solid dari semua lini. Tentu saja hal ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh anggota tim, manajemen, fans (bobotoh) dan juga publik,” katanya.

“Saya tidak sabar untuk segera bergabung dengan tim dan merasakan atmosfir kompetisi Liga 1 yang begitu ketat, serta riuhnya dukungan dari seluruh Bobotoh di dalam stadion hanya untuk PERSIB. Saya dan tim tentunya akan bekerja keras untuk memberikan hasil yang maksimal demi membawa PERSIB Kembali ke jalur kemenangan” tutup Milla.