by

Guru Honorer Setengah Abadi Ki Hajar, Akhirnya Bisa Pergi Umrah

Bandungkita.id, KBB – Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengki Kurniawan memberikan hadiah umrah bagi Hadjarudin Sufianan (75). Pria yang akrab disapa Ki Hajar tersebut merupakan guru honorer asal Kabupaten Bandung Barat yang telah mengabdi lebih dari setengah abad.

Hadiah berangkat ke tanah suci tersebut secara simbolis diberikan langsung oleh Hengki kepada Ki Hajar bertepatan dengan momen HUT PGRI ke-77 serta peringatan Hari Guru Nasional (HGN) di Plaza Pemkab Bandung Barat pada Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga:

PGRI Beri Penghargaan Bagi Hadjarudin, Guru Honorer Setengah Abad Asal KBB

Hikayat Hadjarudin, Nestapa Guru Honorer Setengah Abad Mengabdi untuk Bangsa Diangkat Menjadi Film

Bulan Depan, Program Rumah Murah untuk Guru Bergulir di Bandung Barat

Hengki mengatakan, hadiah tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Pemkab Bandung Barat atas jasa Ki Hajar yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Terlebih Ki Hajar mengabdi di salah satu sekolah di Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu selama 52 tahun.

“Tadi juga ada simbolis pemberian umrah untuk Ki Hajar yang memang pengabdiannya sudah lebih 50 tahun. Ini bentuk, ya apresiasi saya ke beliau. Ya mudah-mudahan apa yang diinginkan beliau, cita-cita beliau untuk umrah bisa terkabul,” kata Hengki di Pemkab Bandung Barat, Sabtu (26/11/2022).

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) KBB, Asep Dendih mengatakan, apresiasi tersebut diberikan kepada Ki Hajar tak lepas peran dari Bandungkita.id yang mengangkat cerita sosok guru honorer tersebut menjadi sebuah film dokumenter.

Video Pilihan:

“Itu kan termasuk teman-teman di Bandungkita mengangkat sampai tingkat provinsi, bahwasannya Ki Hajar itu pengabdiannya luar biasa tapi belum beruntung. Salah satu beruntung perhatian hari ini salah satu niat kami di dalam PGRI ini berbagi rasa, dan alhamdulillah Pak Bupati memberikan untuk umrah,” kata Asep kepada Bandungkita.id ditempat yang sama.

Ki Hajar rencananya akan berangkat umrah paling lambat pada Maret 2023. Nantinya, Ki Hajar akan berangkat umrah dengan pemenang doorpeize peserta gerak jalan santai yang dilakukan pada Sabtu pagi.

“Dan Insya Allah paling lambat bulan Maret (2023), karena disamakan dengan doorprize. Jadi satu untuk umum dan satu dari bupati itu untuk Ki Hajar,” sahutnya.

Ki Hajar pun nampak semringan mendapat kesempatan untuk pergi ke tanah suci pada tahun depan. Hal itu merupakan impian pria asal Cianjur tersebut disisa masa hidupnya selain mengabdi di dunia pendidikan.

“Alhamdulillah, sangat senang. Ini impian saya bisa ke tanah suci, bisa dekat dengan ka’bah,” cetus Ki Hajar.