Pemkab Bandung Barat Raih Penghargaan Reformasi Birokrasi 2022

BandungRayaKita, KBB61259 Views

Bandungkita.id, KBB – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerima penghargaan atas pelaksanaan reformasi birokrasi yang telah dilakukan selama beberapa tahun terakhir. Melalui Laporan Hasil Evaluasi PAN RB tersebut disampaikan bahwa KBB memperoleh poin 60,97 dengan peningkatan sebesar 3,16 poin dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 57,81 atau kategori CC.

Untuk pertama kalinya berdasarkan LHE Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) no B/902/RB.06/2022 Pemerintah Kabupaten Bandung Barat memperoleh Indeks Reformasi Birokrasi dengan predikat B dengan nilai yang terus naik sejak tahun 2019.

Baca Juga :

Ini Waktu yang Tepat Berolahraga di Bulan Ramadan

Hore! Warga Kabupaten Bandung Barat Bisa Mudik Gratis

Tak Ada Calon Sekda Asli Putra Daerah, Hengky Kurniawan: Bentuk Kecintaan Kepada Bandung Barat

Penghargaan ini diberikan atas upaya Pemkab Bandung Barat dalam rangka meningkatkan kinerja birokrasi, lebih khususnya dalam meningkatkan implementasi RB yang meliputi 8 area perubahan yaitu manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan dan penguatan organisasi, tata laksana, penataan SDM aparatur, akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Menurut Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan, keberhasilan tersebut sebagai salah satu potret dan motivasi dari upaya pemerintah KBB dalam meningkatkan tata kelola pemerintah, serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik lagi.

“Allhamdulillah kita mendapatkan B untuk nilai RB tahun 2022, karena sebelumnya kita selaku berada d CC, ini menunjukan bahwa pelaksanaan RB KBB tengah tumbuh dalam jalur yang tepat,” kata Hengky, Senin (3/4/2023).

Hengky menuturkan, hal itu pun akan mendorong semakin kuat KBB untuk meraih opini Wajar Tanpa Kecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang saat ini tengah proses penilaian. Keberhasilan tersebut pun, lanjut Hengky, sebagai upaya untuk terus membawa perubahan di lingkup Pemkab Bandung Barat untuk pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat.

“Ini ditandai dengan hasil positif pada area area perubahan RB lainya seperti perolehan WTP atas opini BPK, peningkatan pada Indeks merit, peningkatan nilai investasi bahkan terbaik ke 2 se Jawa Barat dan sektor lainya yang semakin menunjukan trend positif,” ungkapnya.