Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023 Siap Melaksanakan Tugasnya Sebagai Duta Promosi Desa Wisata Jawa Barat

Bandungkita.id, – KOTA BANDUNG  Seluruh peserta Smiling West Java (SWJ) Ambassador 2023 akhirnya siap melaksanakan tugasnya sebagai duta promosi desa pariwisata Jawa Barat usai dilepas Gubernur Ridwan Kamil, Selasa, 08/08/2023. Setelah melalui tahap pembekalan materi serta pendampingan pembuatan konten, seluruh peserta akan disebar untuk mempromosikan desa wisata yang ada di Jawa Barat.

Dilansir Humas Disparbud Jabar Peserta SWJ Ambassador 2023 yang berjumlah 855 orang tersebar dalam lima wilayah yaitu 101 peserta wilayah 1 (Purwakarta, Subang, Karawang), 167 peserta wilayah 2 (Bogor Raya), 108 peserta wilayah 3 (Ciayumajakuning), 314 peserta wilayah 4 (Bandung Raya), dan 161 peserta wilayah 5 (Priangan Timur).

“Tahun lalu ada 108 orang yang ikut program ini. Sekarang minatnya semakin banyak. Dari sekian ribu pendaftar, kita luluskan 855 orang. Tugasnya jalan-jalan, berkoordinasi, membuat konten, posting di Instagram, TikTok, Youtube, atau dimana saja sehingga potensi Jawa Barat yang sangat banyak ini bisa dikembangkan oleh para SWJ Ambassador,” ungkap Gubernur.

Sebelum menjalani tugasnya, para peserta telah dibekali materi fotografi, videografi, serta pengetahuan desa wisata dari para praktisi ahli. Pembekalan materi tersebut dilaksanakan pada Mei-Juni 2023 di lima lokasi berbeda yaitu Teater Tertutup Dago Tea House Bandung, Gedung Creative Center Bogor, Gedung Creative Center Purwakarta, Gedung Creative Center Tasikmalaya, dan Gedung Creative Center Cirebon.

Tak hanya itu, mereka juga didampingi alumni SWJ Ambassador 2022 untuk memproduksi konten di beberapa destinasi wisata. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan para peserta SWJ Ambassador 2023 dapat menghasilkan karya terbaik dalam mempromosikan desa wisata di 27 kabupaten/kota Jawa Barat. Dengan karya-karya yang dihasilkan pula, program ini sekaligus sebagai langkah menghidupkan ekonomi kreatif sub sektor film dan fotografi khususnya konten kreatif, serta penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif di Provinsi Jawa Barat.

“Begitu besarnya potensi pariwisata di Jawa Barat, tak cukup bila promosi dilakukan tanpa partisipasi. Karena itu kami melahirkan konsep Smiling West Java Ambassador, yaitu duta promosi pariwisata,” ucap Gubernur Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini pula, Gubernur Ridwan Kamil dideklarasikan sebagai Pembina SWJ Ambassador. Deklarasi pengangkatan tersebut dilakukan oleh perwakilan peserta yang menyampaikan rasa bangga karena memiliki sosok pemimpin yang sangat peduli terhadap sektor pariwisata.

Kegiatan ini turut disaksikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Hermansyah Manap, serta perwakilan dari beberapa OPD kabupaten/kota se-Jawa Barat. (Ilman/Bandungkita.id)