Rian Firmansyah Kantongi Rekomendasi Nasdem Sebagai Calon Bupati KBB

KBB, Politik112429 Views

BandungKita.id, KBB – Anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Rian Firmansyah resmi mengantongi rekomendasi dari DPP Partai Nasdem sebagai calon Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Pilkada 2024.

Kepastian Rian Firmansyah yang juga putra mantan Bupati KBB Aa Umbara Sutisna memperoleh ‘tiket’ Partai Nasdem itu diresmikan dengan surat rekomendasi resmi DPP Partai Nasdem tertanggal 3 Juni 2024.

https://bandungkita.id/wp-content/uploads/2024/05/Bunga-Desa-jadi-1.mp4

Ketua DPD Nasdem KBB, Deni Samir mengkonfirmasi Surat rekomendasi yang telah diterima Rian tersebut. “Betul rekomnya dari DPP NASDEM untuk maju pilkada” Ungkapnya melalui pesan Whatsapp kepada Bandungkita.id, Selasa, 4 juni 2024.

Surat rekomendasi bernomor 102-SI/RP/BPP-Nasdem/VI/2024 dan ditandatangani langsung Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh itu ditujukan kepada Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat, Saan Mustopa.

Dalam surat rekomendasi resmi DPP Partai Nasdem yang diterima BandungKita.id itu, terdapat lima poin instruksi yang harus dijalankan DPW Partai Nasdem Jabar berkaitan dengan rekomendasi calon Bupati untuk kontestasi Pilkada KBB.

Berdasarkan hasil penjaringan dan penyaringan sesuai mekanisme internal Partai Nasdem, dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat tahun 2024, DPP Partai Nasdem menyampaikan hal-hal sebagai berikut.

“DPP Partai Nasdem telah menyetujui Rian Firmansyah sebagai calon Bupati Bandung Barat dalam Pilbup Bandung Barat tahun 2024,” bunyi pernyataan dalam surat rekomendasi tersebut.

Dalam poin kedua, DPP Partai Nasdem juga memerintahkan DPD Partai Nasdem KBB dan Rian Firmansyah untuk bersama-sama melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain guna mencari calon pasangan wakil bupati.

https://bandungkita.id/wp-content/uploads/2024/05/bedas-pisan.mp4

“Selain itu, Pengurus DPD Partai Nasdem dan Rian juga ditugaskan melakukan konsolidasi internal guna mendukung pencalonan,” instruksi Surya Paloh dalam surat tersebut.

Ketiga, Rian Firmansyah diwajibkan untuk melakukan upaya pemenuhan persyaratan pencalonan ke KPU sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melaporkan hasilnya Kep DPP Partai Nasdem paling lambat 14 hari sebelum dibukanya masa pendaftaran calon Bupati dan wakil bupati di KPU.

Selanjutnya DPP Partai Nasdem juga mensyaratkan calon wakil bupati yang akan berpasangan dengan Rian harus mendapatkan persetujuan dari DPP Partai Nasdem untuk kemudian dikeluarkan surat keputusan DPP Partai Nasdem sebagai persyaratan pendaftaran ke KPU.

“Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan atas surat rekomendasi ini maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana diperlukan,” bunyi surat tersebut di poin terakhir.

Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi dari DPD Partai Nasdem KBB maupun dari Rian Firmansyah selaku penerima rekomendasi DPP Partai Nasdem sebagai calon Bupati di Pilkada KBB 2024.

Ketua DPD Partai Nasdem KBB Denis Amir dan Rian Firmansyah tidak dapat dihubungi. Pesan singkat yang dikirim melalui aplikasi WhatsApp pun tidak dijawab keduanya.

https://bandungkita.id/wp-content/uploads/2024/06/yatim-bedas.mp4

Rian Firmansyah saat ini merupakan anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem asal dapil Jabar II yang meliputi KBB dan Kabupaten Bandung. Ia juga dikenal sebagai seorang aktivis yang juga putra mantan Bupati KBB Aa Umbara Sutisna.

Menarik disimak bagaimana upaya Rian Firmansyah untuk melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain di KBB dalam rangka menghadapi kontestasi Pilkada KBB 2024 mendatang. Mungkinkah Rian akan berpasangan dengan Hengky Kurniawan yang sebelumnya berpasangan dengan sang ayah, Aa Umbara Sutisna? Atau dengan figur lain. Kita tunggu saja. (M.Zezen/BandungKita.id)