Sinergisitas dan Kolaborasi KPU dengan Pers dalam Transparansi Pilkada Serentak 2024

Kota Bandung51863 Views

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pers memainkan peran krusial dalam memastikan transparansi seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024. Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Prihadianti, menekankan pentingnya kolaborasi ini saat membuka Media Gathering KPU Kota Bandung di Hotel El Royale pada Senin, 3 Juni 2024.

“Tanpa adanya peranan media, informasi terkait kepemiluan Pilkada tidak akan tersampaikan ke masyarakat,” kata Wenti. Beliau menekankan bahwa pers adalah salah satu pilar demokrasi yang esensial. “Tanpa rekan jurnalis, semua proses dan tahapan demokrasi tidak dapat berjalan dengan baik.”

Wenti berharap agar etika jurnalistik terus diterapkan, terutama dalam melakukan “check and recheck” terhadap isu pemberitaan. Hal ini penting untuk memastikan keseimbangan informasi terkait upaya KPU dalam pelaksanaan Pilkada.

https://bandungkita.id/wp-content/uploads/2024/05/bedas.mp4

Pada pelaksanaan Pemilu, banyak tantangan yang dihadapi, baik oleh media massa maupun masyarakat. Beberapa di antaranya adalah independensi media, misinformasi, disinformasi, serta terbatasnya sumber daya pengelolaan informasi pada media. “Kolaborasi dengan media ini sangat membantu sekali untuk kami dan sebagai transparansi dari setiap tahapan Pemilu ataupun Pilkada,” ujarnya.

Untuk mengatasi tantangan ini, KPU Kota Bandung terus menjalin hubungan baik dengan para awak media. KPU berkomitmen untuk mendukung peran pers dalam menyediakan informasi yang akurat dan dapat dipercaya kepada masyarakat.

Selain itu, dalam waktu dekat KPU akan meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Kota Bandung. Rencananya, peluncuran tersebut akan dilaksanakan di Plaza Balai Kota Bandung. Ini adalah salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap Pilkada serentak yang akan datang.

Kerja sama antara KPU dan pers diharapkan dapat menciptakan lingkungan demokrasi yang sehat dan transparan, memastikan bahwa setiap tahap Pilkada dilaksanakan dengan adil dan terbuka. KPU Kota Bandung berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan media demi kesuksesan Pilkada serentak 2024.