Akhir Pekan Ini, Garut Dibanjiri Ribuan Pesepeda

Bandungakita.id, GARUT – Sebanyak 1500 pesepeda dari berbagai daerah di Pulau Jawa, akan meramaikan Kota Garut akhir pekan ini. Mereka, akan menjadi peserta dari kegiatan “Hayu Picnic ke Garut Lautan Sepeda” yang akan dilaksanakan tanggal 16 hingga 17 Maret 2019 mendatang.

Hal itu dikatakan Ketua Penyelenggara Event, Edi Setiawan dalam jumpa pers yang digelar di kantor Dodol Picnic di Garut Kota, Senin (11/3/2019) petang.

“1500 pesepeda ini akan diberangkatkan dari Mapolda Jawa Barat Sabtu (16/3/2019) pagi, nanti mampir ke tempat wisata di Garut seperti Situ Bagendit dan finish di Anarto Mall,” jelas Edi.

Seluruh peserta yang berangkat dari Bandung, adalah peserta dari luar Garut yang kebanyakan adalah tokoh-tokoh di Jawa Barat. Mulai dari kalangan pengusaha di Kadin Jabar, akademisi dari Unpad dan ITB hingga tokoh masyarakat lainnya.

“Nanti sampai di Bagendit mereka disambut Bupati dan lanjut ke Cipanas sebelum finish di Anarto Mall,” katanya.

Ditempat yang sama, Owner Dodol Garut Picnic, Ato Hermanto menyampaikan, selain 1500 pesepeda dari luar Garut yang berangkat dari Bandung. Nanti juga ada pesepeda lokal Garut yang juga akan mengikuti acara Gowes Keliling Kota Garut, mendampingi peserta dari Bandung.

Ato yang juga mantan Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Barat juga menuturkan, panitia lokal Garut telah menyiapkan berbagai acara menyambut para pesepeda dari Bandung di Anarto Mall dengan bekerja sama dengan stake holder pariwisata di Garut.

“Malam harinya ada 24 stand kuliner khas Garut yang akan disajikan untuk peserta, ada juga wisata sepeda malam keliling kota Garut,” jelas Ato.

Gowes kelliling kota yang akan dilaksanakan hari Minggu (17/3/2019) nanti, menurut Ato para peserta yang berangkat dari Bandung akan bergabung dengan pegowes Garut untuk keliling kota mengunjungi pusat industri Sukaregang hingga pabrik dodol picnic untuk melihat proses pembuatan dodol Garut.

Ato mengakui, dukungan dari berbagai pihak dalam acara ini cukup besar mulai dari pemerintah hingga pelaku pariwisata. Semua hotel di Garut pun, telah menyiapkan potongan harga bagi peserta hingga 50 persen.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut, Budi Gan Gan dalam kesempatan yang sama menegaskan, event sepeda santai ini akan menjadi akan masuk dalam kalender pariwisata Garut. Karena, event ini bisa menjadi promosi wisata yang cukup efektif untuk mengenalkan Garut.

“Ini jadi salahsatu cara yang efektif untuk mempromosikan potensi wisata yang ada di Garut, makanya ini jadi salahsatu event yang masuk kalender wisata di Garut,” katanya. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah