One Way di Jalur Limbangan-Malangbong Garut Akan Diberlakukan Jika Terjadi Kepadatan

Ribuan Personel dan Posko Kesehatan Siaga di Sepanjang Jalur Mudik

BandungKita.id, GARUT – Ribuan aparat gabungan melakukan apel gabungan kesiapsiagaan menjelang arus mudik 2019/1440 H. Untuk mengansipasi berbagai kepadatan yang terjadi nantinya ada beberapa cara bertindak yang akan dilakukan Polres Garut.

Menurut Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, one way atau satu arah akan jadi cara ampuh untuk mengatasi kepadatan di jalur selatan Garut. Penggunaan jalur alternatif akan menghambat waktu pemudik.

Menurutnya, one way akan diterapkan jika kendaraan di Jalan Limbangan-Malangbong sudah terjadi kepadatan. One way bisa mengurai kemacetan dan cukup efektif digunakan.

“Jika kendaraan dari Cikaledong arah ke Tasikmalaya sudah padat, baru akan dilakukan one way. Kalau dialihkan ke jalur alternatif terlalu melambung ke mana-mana,” ujar Budi di Mapolres Garut.

BACA JUGA :

H-8 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Limbangan Mulai Padat

 

Polda Jabar Fokus Amankan Arus Mudik di Tiga Titik

 

Bus Doa Ibu Terperosok ke Parit di Kersamanah Garut

 

Dalam pengamanan arus mudik tahun ini, Polres Garut menurunkan 990 personil. Dibantu 200 orang anggota TNI dan 200 orang dari Pemkab Garut. “Totalnya ada 1.400 personil yang akan membantu kelancaran arus mudik,” ucapnya.

Budi menambahkan, pihaknya juga menyiapkan satu pos terpadu di Limbangan untuk memantau arus mudik. Selain itu ada sembilan pos pengamanan dan 34 pos jaga yang akan membantu kelancaran arus mudik.

Untuk wilayah selatan Garut terutama di wilayah wisata seperti Pameungpeuk dan Cikelet, Polres Garut menyiagakan satu satuan setingkat kompi (SSK) Brimob dan Sabhara. Wilayah selatan Garut juga rawan tawuran antar warga.

“Makanya kami tempatkan tim khusus yang di-backup Brimob. Antisipasi kerawanan tawuran di sana,” katanya. (M Nur el Badhi/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M