Afridza Munandar Kecelakaan Maut di Sirkuit Sepang, Marquez dan Rossi Turut Berduka

BandungKita.id, OTOMOTIF – Kejadiaan nahas yang merenggut nyawa Afridza Munandar berlangsung begitu cepat. Kecelakaan tersbut terjadi di tikungan ke-10 lap pertama ATC 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sabtu (2/11/2019) pembalap asuhan Astra Honda Motor (AHM) terjatuh setelah bersenggolan dengan pembalap yang ada di depannya.

 

BACA JUGA :

Hasil MotoGP Malaysia : Maverick Vinales Asapi Marc Marquez dan Dovizioso

 

 

Melihat kejadian tersebut, para tim medis trak langsung berhamburan untuk menyelamtkan kedua pembalap yang terjatuh. Afridza juga mendapatkan pertolongan pertama dari para tim medis. Kendari luka yang dideritanya cukup parah, Afridza langsung dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dengan menggunakan helicopter.

Setelah kejadian tersebut, Red Flag dikibarkan oleh para steward yang berada di pinggir lintasan. Tak lama kemudian, balapan dihentikan. Selama beberapa saat semua para pembalap, staff dan penonton menunggu kabar terbaru mengenai kondisi sang pembalap. Namun sayang, nyawa Afridza Munandar tak bisa terselamatkan akibat luka serius di bagian kepala.

Berpeluang Menjadi Juara

Sesaat Sebelum terjadinya kecelakaan yang merenggut nyawa Afridza Munandar di tikungan ke-10 lap pertama ATC 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Sabtu (2/11/2019)

 

Afridza Munandar tampil gemilang di IATC 2019. Pembalap 20 tahun ini telah membukukan dua kemenangan di peringkat pertama, kedua, dan ketiga. Catatan tersebut membuatnya berpeluang untuk menjadi juara musim ini.

Sebelum bertarung di Sirkuit Sepang, Afridza tengah menduduki peringkat ketiga dengan koleksi poin 142 angka. Afridza Munandar hanya tertinggal di belakang Takuma Matsuyama (169 poin) dan Sho Nishimura (157 poin).

 

Pembalap Dunia Ikut Berduka

(Foto: Instagram/@marcmarquez93)

 

Tak hanya di Indonesia, meninggalnya Afridza Munandar juga membuat seluruh dunia balapan turut bersedih. Terlihat dari beberapa pembalap MotoGP ikut menyampaikan rasa belangsukawanya. Bahkan, sang juara MotoGP 2019 Marc Marquez juga mengunggah ucapan belasungkawanya di akun sosial media.

 

(Foto: Instagram/@jorgelorenzo99)

 

Di akun Instagram @marcmarquez93, pembalap dunia ini juga mengunggah foto Afridza Munandar. “ Dunia balap sepeda motor berduka cita, Afridza Munandar meninggal siang hari ini dalam sebuah kecelakaan di ajang Asian Talent Cup. RIP Arridza,” tulisnya yang dikutip BandungKita.id dari Brilio.net, Senin (04/11/2019).

 

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=xchPzUfAMko[/embedyt]

 

Tak hanya Marc, beberapa pembalap dunia seperti Jorge Lorenzo, Alex Rins dan masih banyak lainnya juga menyampaikan rasa berduka mereka. Bahkan, Valentino Rossi tampak menghadiri “Minute of silence in memory of Afridza Munandar” yang berlangsung Minggu (03/11/2019) lalu.

 

Prestasi Afridza Munandar

Pembalap binaan AHM, Afridza Mudandar, menjuarai balapan pertama seri kedua Asia Talent Cup 2019 di Buriram, Sabtu (16/3/2019). (istimewa)

 

Afridza terhitung telah mengumpulkan tujuh podium, dimana tiga di antaranya merupakan kemenangan dan sisanya yaitu dua kali finis kedua serta dua kali finis ketiga. Menjelang pekan balap di Sepang sekalipun, Afridza telah duduk di peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan poin 142 angka, hanya tertinggal 27 poin dari Takuma Matsuyama yang berada di posisi puncak.

Pembalap asuhan Astra Honda Motor (AHM) ini juga pernah turun di ajang balap ketahanan motor, Suzuka 4 Hours di Jepang pada Juli lalu. Tak hanya itu, Afridza juga dikenal memiliki prestasi yang gemilang di ajang balap dalam negeri. Ia merupakan salah stau rider yang paling mencolok di Kejuaraan Nasional Oneprix Indonesia Motoprix 2019 dengan membela Astra Motor Racing Team (ART) Yogyakarta.

 

BACA JUGA :

Salip Fabio Quartararo di Lap Terakhir, Marquez Sukes Kunci Gelar Jura Dunia MotoGP 2019

 

 

Pada klasemen pebalap Onepirx, ia ada dipuncak klasemen dengan perolehan poin sebesar 107 angka. Nilai tersebut didapatkannya dengan dua kemenangan di Tasikmalaya dan Sentul. Sebenarnya, Afridza masih harus turun di Seri Surabaya pada 10 November nanti.

Berikut beberapa capaian prestasi Afridza Munandar, pembalap Indonesia yang membanggakan.

  1. 2013: Juara umum Jawa Barat MP5 dan Juara umum MP6
  2. 2014 Juara umum II Kejurnas MP kelas MP5 dan MP6
  3. 2015: Juara Kejurnas MP Seri V kelas MP3
  4. 2016: Medali perak PON Jawa Barat
  5. 2017: Juara nasional MP3 dan MP4
  6. 2018: Peringkat 10 Asia Talent Cup
  7. 2019: Peringkat 3 Asia Talent Cup (musim masih berjalan)

***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)