Suzuki Luncurkan Skutik Penantang Vespa dan Scoopy, Desainnya Keren, Futuristik dan Enak Dipandang

NewsKita, Otomotif3191 Views

BandungKita.id, OTOMOTIF – Suzuki merilis produk baru. Helatan World New Car Show Taiwan, dijadikan momen perkenalan Saluto, skuter unik bertema klasik.

Yang jadi menarik, desain guratnya sarat gaya Eropa, tak seperti produk Suzuki lain. Meski tampak klasik, tampilannya keren menyerupai desain motor Vespa terbaru. Posisinya di segmen 125 cc, rasanya sanggup mengiris konsumen Honda Scoopy atau bahkan sedikit mencicipi konsumen Vespa.

Unit pamer berlabur silver dan jok merah ini tampak stylish. Pas sekali dengan tema modern-klasik. Tekuk bodi dari tameng hingga belakang hampir tak ada minus. Proporsinya enak dilihat. Terdapat aksen lekuk tegas yang agak kontras. Tapi kala dipadukan, ternyata sama sekali tak mengganggu. Desain Suzuki Saluto apik.

Suzuki Saluto 125 yang akan menjadi penantang Vespda dan Honda Scoopy (foto:net)

 

Fasad diberi mata menyerupai segitiga terbalik, senada dengan sein dan LED DRL di bawahnya. Buritan pun memakai mika kotak, berhiaskan LED menyiku. Futuristik dan enak dipandang. Suspensi teleskopik dan dual shock belakangnya, masing-masing terkunci pada roda gambot khas skuter Italia.

Mengenai kepraktisan dan akomodasi juga tak kekurangan. Saluto memiliki bagasi luas, berkat posisi tangki di bawah dek. Ruang kaki pun tetap lega, rata lantai. Namun memang, biasanya arsitektur seperti ini memaksa posisi duduk agak jongkok. Apalagi yang berpostur tinggi.

BACA JUGA :

Woow! Kawasaki Ninja Baru Rp 30 Jutaan Resmi Mengaspal di Indonesia

 

 

Siap-siap Nih! Royal Enfield Akan Luncurkan Motor Bergaya Klasik Seharga Rp 20 Jutaan

 

 

Yamaha Luncurkan Motor Baru Bergaya Retro Ini Untuk Saingi Kawasaki W175, Ini Harga dan Spesifikasinya

 

 

Beralih ke bawah stang, terdapat laci depan dengan model unik. Terbuka tanpa tutup. Dan ceruknya memanjang dari posisi kunci ke mulut tangki. Ya, layaknya Yamaha FreeGo, posisi lubang bensin berada persis di balik tameng sebelah kiri. Hal ini terbukti memudahkan pengendara, tak perlu turun dari motor saat melakukan pengisian bensin.

Tapi tunggu, dari desain dan arsitektur itu, apakah Anda merasa ia terlalu mirip dengan Kymco Like 150i? Jujur, sedari awal melihat, kami langsung menyangka ia berbagi platform dengan Kymco. Desain bodi, posisi tangki bensin, serta debutnya di Taiwan, rasanya cukup menyirat. Wajar jika orang berasumsi begitu, meski belum ada informasi resmi.

Suzuki Saluto 125 yang akan menjadi penantang Vespda dan Honda Scoopy (foto:net)

Di sektor jantung pacu, barulah tak ada jejak Kymco. Mesin Suzuki Saluto berkubikasi 125 cc, dengan keluaran tenaga 9,2 Hp dan torsi 10 Nm. Fiturnya pun jauh lebih sederhana. Panel instrumen masih berupa paduan digital analog.

Sekilas, informasinya terbatas. Tapi untungnya, sudah ada fasilitas smart key. Cukup mainkan kenop untuk menyalakan mesin dan membuka bagasi. Kalau jeli, tepat di kenop itu bersembunyi sebuah soket USB untuk mengisi daya gawai.

Suzuki Saluto 125 yang akan menjadi penantang Vespda dan Honda Scoopy (foto:net)

 

Rasanya motor ini bisa jadi opsi menarik, apalagi jika datang ke Indonesia. Berandai-andai saja harganya lebih murah dari Kymco Like 150i. Bahkan dengan spesifikasi itu, bukan tidak mungkin Saluto mengancam keberadaan produk sejenisnya di Tanah Air.

Tak terkecuali skutik berwajah unik seperti Honda Scoopy. Sayang belum ada tanda-tanda mengenai kehadiran Suzuki Saluto di Indonesia. Toh, harga untuk konsumen Taiwan juga baru diumumkan Februari mendatang. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : oto.com