by

Persib Bandung Menang Telak Atas Persik Kediri

Bandungkita.id, PERSIBKITA – Persib Bandung berhasil meraih kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Persik Kediri pada pekan ke-12 Liga 1 di Stadion Manajan, Solo, Rabu (7/12/2022) Striker David Da Silva mencetak dua gol di babak pertama masing-masing di menit 12 dan 19. Sedangkan satu gol lainnya dibuat oleh Febri Hariyadi di menit 69.

Laga tanpa penonton tersebut, Pangeran Biru tanpa diperkuat oleh tiga pemain berlabel tim nasional Indonesia. Mereka adalah Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya dan Marc Klok yang sedang menjalani tugas negara.

Peran ketiga pemain tersebut pun digantikan oleh Achmad Jufriyanto, Abdul Aziz dan Dedi Kusnandar.

Babak pertama berjalan, Persib berupaya langsung menekan, membuat Persik tak nyaman dalam menguasai bola. Di menit 8, Zalnando mengancam tapi sepakan bola lobnya masih berada di atas mistar gawang.

Penyerang Persib, David Da Silva akhirnya memecah kebuntuan di menit 12. Ia mendapat umpan silang dari Zalnando, dan menyontek bola di mulut gawang untuk membawa Pangeran Biru unggul 1-0.

Di menit 19, Da Silva mencetak gol keduanya di laga ini setelah melakukan aksi solo di sisi kanan. Sepakan kaki kirinya kembali menaklukan kiper Persik, Dikri Yusron. Sebelumnya, Da Silva dapat umpan terobosan dari Henhen Herdiana.

Di sisa babak pertama, Persib dapat lebih banyak tekanan. Namun, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto dan Daisuke Sato masih mampu mengatasinya. Terkini, upaya dari gelandang Macan Putih, Rohit Chand pun masih bisa diamankan. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Persib 2-0.

Menjelang babak kedua bergulir, Persib melakukan pergantian dengan memasukkan Frets Butuan menggantikan Henhen Herdiana. Frets langsung mengirimkan umpan silang yang disambar oleh Zalnando dengan sepakan keras, tapi bola masih belum menemui sasaran.

Di menit 57, pelatih Persib Luis Milla memasukkan Febri Hariyadi menggantikan Ciro Alves. Dua menit berselang, Kuipers tanpa sengaja melakukan hands ball yang berbuah tendangan penalti untuk Kediri.

Tendangan penalti diambil oleh Renan Silva, tapi kiper Pangeran Biru, Teja Paku Alam dengan gemilang mampu membendung eksekusi penalti itu. Bola sempat liar di dalam kotak penalti, tapi dengan cepat oleh Frets.

Di menit 69, Beckham Putra kembali menjadi aktor utama serangan PERSIB. Ia mendapat bola dari Victor Igbonefo dan menguasai bola dengan baik. Ia lantas meneruskan bola kepada Febri Hariyadi yang dengan gemilang menuntaskannya menjadi gol ketiga Pangeran Biru.

Di menit 80, Persib melakukan dua pergantian sekaligus. Reky Rahayu dan Ezra Walian dimasukkan untuk menggantikan Teja Paku Alam dan Beckham Putra Nugraha. Teja sempat mengeluhkan rasa sakit di kakinya.

Di menit-menit akhir pertandingan, Febri sempat mendapat peluang tapi sepakannya bisa diamankan Dikri. Setelah tambahan waktu lima menit, dengan Persib menang 3-0. Tambahan tiga poin di laga ini membuat Pangeran Biru naik satu peringkat ke posisi kedelapan.