Takjub Akbar 2023, Komunitas Muslim Tajir Dorong UMKM di Jabar Berkembang

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau lazim disingkat UMKM, terlihat masih menjadi salah satu sektor terkuat penopang roda perekonomian dalam negeri pada momen kritis. Takjub Akbar 2023 hadir kepedulian komunitas muslim Tajir sebagai upaya untuk meningkatkan para pelaku UMKM yang digelar di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Bandung, Jalan Tamansari pada Jumat sampai dengan Minggu, 27 – 29 Januari 2023.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI secara gamblang menekankan bahwa UMKM merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Selain itu, secara umum UMKM adalah pemeran utama dalam kegiatan ekonomi, termasuk penyedia lapangan kerja dan sumber inovasi.

Adji Dimas selaku co founder Tajir mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya memperkuat potensi UMKM terutama di Jabar yang dinilai memiliki peran untuk perputaran roda ekonomi. Terlebih Pemprov Jabar pun memiliki segudang program untuk mengembangkan para pelaku UMKM.

“Lebih dari 75 tenant dan 20 workshop juga dihadirkan untuk memberikan inspirasi kreatif hingga self development, mulai dari teknik dasar menggambar hingga aksi besar merubah sampah menjadi barang siap pakai. Acara ini diharapkan mampu menghadirkan narasi bahwa kerja keras dan konsistensi adalah kunci,” ujar Adji di Sabuga Bandung, Jumat (27/1/2023).

Ia menambahkan kegiatan tersebut menghadirkan berbagai wahana inspiratif. Seperti acara gelar wicara dan diskusi bersama lebih dari 180 tokoh pengusaha Muslim sukses, workshop dengan merek-merek lokal dan suguhan puluhan tenant lokal. Mengusung jargon It’s Real, rangkaian acara diselaraskan dengan semangat untuk memberi pembuktian nyata atas suatu usaha yang sungguh-sungguh.

“Acara ini juga mendatangkan pembicara yang siap berbagi ilmu dan inspirasi terkait ketahanan mental pengusaha Muslim. Seperti yang akan dibawakan oleh Reza Abdul Jabbar, seorang peternak sapi perah asal Pontianak Kalimantan Barat yang mampu mengejutkan Selandia Baru sebagai ‘kampungnya’ para peternak sapi,” bebernya.

Sementara itu, Menurut Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengapresiasi kegiatan tersebut. Uu mengaku, kegiatan tersebut sekaligus turut membantu pemerintah untuk terus meningkatkan dan memperkuat para pelaku UMKM.

“Sekarang ada Komunitas Tajir yang mendukung UMKM apalagi sistem syariah. Sehingga cita- cita Jabar Juara Lahir Batin, yang mana kita ingin Jabar fiddunnya hasanah wafil akhiroti hasanah dapat tercapai,” ujar Uu ditempat yang sama.