Ini Dia 4 Kalimat Syukur yang Dianjurkan Dibaca Saat Pagi Hari

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Anjuran bagi setiap muslim saat pagi hari yang masih diberikan nikmat usia dan kesehatan ialah bersyukur.

Mengapa? Karena Allah masih memberikan kesempatan bagi kita untuk melihat dunia ini. Selain bersyukur, ada kalimat-kalimat tertentu yang dianjurkan untuk dibaca. Apa sajakah itu?

Diriwayatkan dari Ibrahim bin Adham bahwasanya ia berkata, “Barangsiapa berada di waktu pagi, maka ia harus bersyukur dengan membaca empat kalimat, yaitu:

1. Alhamdulillahilladzii nawaara qalbii bi nuuril hudaa wa ja’alanii minal mu’minina wa lam yaj’alnii dhaallaan (Segala puji bagi Allah yang telah memberikan cahaya petunjuk ke dalam hatiku, serta menjadikan aku termasuk orang-orang mukmin dan tidak menjadikan aku termasuk orang-orang yang sesat).

2. Alhamdulillahilladzii ja’alanii min ummati Muhammadin shallaahu ‘alaihi wa sallam (Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan aku termasuk umat Muhammad SAW).

BACA JUGA :

3. Alhamdulillahilladzii lam yaj’al bi yadi ghairih (Segala puji bagi Allah yang tidak menjadikan rezekiku di tangan orang lain).

4. Alhamdulillahilladzii satara ‘alayya ‘uyuubi (Segala puji bagi Allah yang telah menutupi aib-aibku).”

Itulah keempat kalimat yang dianjurkan untuk dibaca ketika pagi hari. Keempat kalimat itu merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Hal itu, menjadikan kita termasuk pada golongan orang-orang yang tidak pernah lupa pada nikmat yang Allah berikan. Sehingga, insya Allah kita termasuk orang-orang yang berada pada jalan kebenaran. Dan hari demi hari yang dilewati penuh dengan keberkahan hidup.

Sebagaimana Allah berfirman : “Barang siapa yang bersyukur, maka Aku akan menambah nikmatmu, tapi bila kamu ingkar akan nikmat-Ku, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih”. (QS Ibrahim : 7). (ZEN/BandungKita.id)

 

(sumber: islampos)