Pemkab Garut Prioritaskan Pembangunan Sepuluh Destinasi Wisata

Garut, JabarKita591 Views

BandungKita.id, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut saat ini terus mendongkrak potensi wisata di wilayahnya. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar, menyebutkan pihaknya saat ini telah mencanangkan program prioritas pembangunan sepuluh destinasi wisata.

“Ada program yang saat ini menjadi prioritas kita yakni program prioritas sepuluh destinasi wisata atau program Top Ten yang akan kita kembangkan. Dengan program ini diharapkan ke depannya bisa lebih memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan sehingga akan berdampak terhadap tingkat kunjungan,” ujar Budi, Selasa (22/1/19).

Dikatakannya, program itu merupakan salah satu upaya dari Pemkab Garut bersama Pemprov Jabar dan Pemerintah pusat di tahun 2019, untuk menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Destinasi wisata itu meliputi wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk, Pantai Cijeruk dan Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, serta Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

“Selanjutnya objek wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, Taman Satwa Cikembulan di Kecamatan Kadungora, serta pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi,” katanya.

Destinasi itu kata Budi, ditentukan berdasarkan hasil penilaian tingkat kunjungannya. Selain itu ada tiga objek wisata yang tengah difokuskan dalam program khusus, yakni Cipanas Garut, Gunung Papandayan dan Pantai Santolo.

“Selama ini tiga objek wisata itu merupakan yang paling favorit atau selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Oleh karenanya kami menilai perlu ada perhatian khusus dari pemerintah untuk terus dikembangkan,” ucap Budi.

Budi berharap program pengembangan destinasi wisata ini berjalan sesuai target. Mengingat keberadaannya bisa memberikan dampak baik terhadap pariwisata Garut dibanding yang sudah-sudah, khususnya menumbuhkan perekonomian masyarakat Garut. (Rul/Bandungkita.id)