oleh

BMKG: Waspada Hujan Petir dan Gelombang Tinggi di Wilayah Ini

BandungKita.id, BANDUNG – BMKG memprediksi cuaca Bandung Raya pada siang hingga malam ini akan mengalami hujan. ” Pada umuya berawan, berpeluang hujan ringan hingga sedang, kadang disertai petir pada siang, sore, hingga malam hari,” tulis BMKG dalam akun resminya, Rabu (6/3/2019).

Kondisi tersebut, kata BMKG akibat sirkulasi siklonik di perairan selatan Jawa Timur, serta ada belokan angin (shearline) di Jawa Barat. “Ada siklon tropis HALEH di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera,” tambah BMKG.

Prakiraan Cuaca Bandung dan sekitarnya, 6 Maret 2019

Posted by BMKG Bandung on Monday, March 4, 2019

Kelembapan udara di Jawa Barat juga dinilai cukup lembap sehingga berpeluang membentuk awan-awan hujan. “Kelembapan udara pada ketinggian 3 km, berkisar 58 persen hingga 94 persen” katanya.

Sedangkan suhu udara berkisar antara 20,4 derajat celsius hingga 30,0 derajat celsius. Arah angin pada umumnya mengarah ke barat laut dengan kecepatan 5-18 km/jam.

Pada informasi kemaritiman, BMKG menyebut gelombang tinggi terjadi di perairan sebelah utara dan sebelah selatan. “Perairan sebelah utara berkisar 0,00 meter hingga 0,50 meter. Sedangkan perairan sebelah selatan berkisar 1,25 meter hingga 2,50 meter.”

BMKG juga memberi peringatan dini kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai cuaca hari ini. “Waspadai potensi hujan sedang disertai petir pada siang/sore menjelang malam hari,” pungkasnya. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Komentar