Sabilulungan Fun Bike, Meriahkan Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-378

BandungKita.id, KAB BANDUNG – Sebanyak 2.000 orang peserta yang terdiri dari masyarakat, komunitas sepeda dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung ikut memeriahkan even Sabilulungan Fun Bike ke-7 di kawasan Gedong Budaya Sabilulungan Soreang, Minggu (28/4/2019).

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka hari jadi Kabupaten Bandung ke-378 yang jatuh pada 20 April lalu. Menurutnya, acara tahunan itu bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga, khususnya olahraga bersepeda.

“Tak hanya itu, fun bike ini juga sebagai cara pemerintah untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Mengingat, saat ini angka kematian di Indonesia lebih banyak ditimbulkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti stroke dan diabetes militus,” jelas Dadang Naser.

Untuk mencegah hal tersebut, lanjut Dadang, masyarakat bisa membiasakan diri dengan berolahraga dan menjalankan pola hidup sehat.

 

Bupati Bandung Dadang M Naser ikut serta dalam even Sabilulungan Fun Bike, Minggu (28/4/2019). (foto:humas pemkab bandung)

 

“Ada tiga tindakan preventif untuk mewujudkan Kabupaten Bandung Sehat, yaitu dengan berolah raga setiap hari, makan buah dan sayur yang cukup dan periksa kesehatan setiap enam bulan sekali. Hal ini merupakan salah satu program utama pemerintah Kabupaten Bandung,” lanjut Bupati.

Kendati demikian, mewujudkan Kabupaten Bandung sehat tidak lah mudah, sebab menyangkut perilaku dan budaya masyarakat.

BACA JUGA :

Jalan Rusak di Kabupaten Bandung Ini Telan Korban, Truk Terguling Timpa Ladang Kol

 

Genap 378 Tahun, Pemulihan Lingkungan Kabupaten Bandung Masih Lemah

 

HUT ke-378 Kabupaten Bandung, Pemda Dinilai Belum Berpihak pada Pedagang Tradisional

 

“Dengan demikian saya memiliki keyakinan, satu kayuhan dalam fun bike ini, akan bermuara pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini dibuktikan melalui IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) Kabupaten Bandung tahun 2018 mencapai 71,75 poin. Artinya lebih tinggi 0,73 poin dari tahun 2017 yang mencapai 71,02. Indeks kesehatan sendiri memberikan kontribusi sebesar 81, 94 poin,” imbuh bupati.

Senada dengan bupati, Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan (Ekja) Kabupaten Bandung yang juga Ketua komite Sepeda Indonesia (KSI) Kabupaten Bandung Marlan berpendapat, even olahraga seperti fun bike tersebut bisa menjadi cara pemerintah untuk mensosialisasikan Germas.

“Sehingga diharapkan seluruh peserta yang terdiri dari komunitas, masayarakat dan ASN untuk melaksanakan olah tubuh minimal seminggu dua kali,” imbuhnya.

Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesehatan Kabupaten Bandung. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan gairah masyarakat dalam berolahraga, mengingat angka kesakitan masyarakat cukup tinggi,” harap Marlan.

Ia menambahkan, terdapat hal yang berbeda pada fun bike tahun ini, yakni penanaman pohon di Desa Sadu Kecamatan Soreang.

“Kebetulan bulan April ini masih dalam rangka Gerakan Bulan Menanam. Kami juga dari komunitas ingin ikut berpartisipasi dalam proses rehabilitasi lahan kritis di Kabupaten Bandung,” jelas Marlan. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : humas pemkab bandung