Marquez Menangi Balapan Penuh Drama di MotoGP Catalunya

BandungKita.id, BALAP – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menjadi juara pada balapan MotoGP Catalunya, Spanyol. Tampil di Sirkuit Catalunya-Barcelona, Minggu (16/6/2019), Marquez sukses finish pertama mengungguli pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Danilo Petrucci (Ducati Team).

Ini adalah kali kedua Marquez juara di sirkuit ini pada kelas MotoGP. Sebelumnya, pebalap 26 tahun itu pernah menang saat tahun 2014.

Marquez berhasil juara dalam balapan yang berlangsung penuh drama. Sebab dalam balapan Catalunya tersebut, banyak insiden pebalap terjatuh.

Yang paling menyita perhatian adalah terjatuhnya empat pebalap papan atas MotoGp pada awal-awal balapan. Keempat pebalap yang terlibat insiden itu yakni Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Jorge Lorenzo (Repsol Honda).

BACA JUGA :

Rossi Beberkan Kelemahan Yamaha Jelang MotoGP Mugello Italia

 

MotoGP 2019, Musim Sulit Bagi Marc Marquez

 

Terjatuhnya empat pebalap tersebut diawali oleh terjatuhnya Lorenzo, tetapi kemudian ia juga membuat tiga pebalap lainnya ikut mencium aspal. Keempat pebalap itu pun terpaksa menelan pil pahit tak bisa melanjutkan balapan.

Insiden tersebut jelas menjadi kerugian bagi Dovizioso yang sebenarnya sempat berada pada jajaran paling depan meninggalkan pebalap lainnya.

Adapun Vinales berada di urutan ketiga, Lorenzo di posisi keempat, dan Rossi di peringkat keenam. Alhasil, posisi pertama diambil alih oleh Marquez, sedangkan peringkat kedua dan ketiga Petrucci dan Fabio Quartararo.

Saat balapan tersisa 11 putaran, Alex Rins sukses menyodok ke posisi kedua. Ia berhasil menyalip Quartararo dan Petrucci.

Namun, posisi itu tak bertahan terlalu lama. Ketika 7 lap tersisa, Rins kehilangan keseimbangan saat melewati tikungan 1.

Rins pun harus rela menerima kenyataan melorot ke posisi ketujuh. Adapun posisi kedua dan ketiga kemudian diambil alih Quartararo dan Petrucci.

Di urutan terdepan, Marquez semakin jauh meninggalkan kejaran para pesaingnya. Ia berupaya sekonsisten mungkin menjaga posisinya. Marquez akhirnya paling pertama melewati garis finis, lalu diikuti oleh Quartararo dan Petrucci.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M