PKB Dorong Kader NU Maju di Pilbup Bandung Tahun 2020

Bandungkita.id, SOREANG – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bandung, akan mengusung kader NU maupun PKB untuk maju di Pilkada Serentak 2020. Pengusungan kader NU dan PKB itu sudah disepakati dengan para pengurus cabang NU.

Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung, Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan, DPC saat ini tengah melakukan survei beberapa kader yang akan maju di Pilkada Serentak 2020.

“Kami sedang melakukan survei. Insyaallah PKB bukan hanya mengusung saja, tapi juga mendorong kader terbaik kami untuk maju,” ujar Cucun di Soreang, Kamis (29/8/2019).

Baca juga:

Khawatir Ada Tuduhan Politik Dinasti, Dadang Naser Belum Izinkan Istrinya Maju di Pilkada 2020

 

Menurut Cucun, saat ini koalisi di tingkat nasional tengah mencair. Hal itu juga tidak menutup kemungkinan PKB akan berkoalisi dengan partai oposisi pada Pilpres 2019.

“Karena koalisi daerah itu berbeda. Bisa saja kami bersatu. Yang kemarin berjalan (partai koalisi Pilpres 2019) belum tentu di daerah akan sejalan dalam pengusungannya,” kata dia.

Kendati demikian, Cucun mengatakan ada peluang-peluang yang harus dibicarakan kepada para pimpinan partai koalisi di Kabupaten Bandung terkait pengusungan calon bupati dan calon wakil bupati Bandung.

Baca juga:

PDIP Bertekad Runtuhkan Politik Dinasti di Kabupaten Bandung pada Pilkada 2020

 

Menurut Cucun, selain survei, penjaringan pun juga dilakukan di tubuh internal PKB. Untuk mengusung bakal calon sendiri PKB tidak mengabaikan saran dari para alim ulama dan kiai.

“Nama sendiri sudah banyak yang masuk untuk kader NU atau PKB. Ada 10 nama,” katanya.

PKB sendiri akan terus melakukan evaluasi kepada nama-nama calon dari kader NU maupun PKB yang sudah masuk di internal partai. “Hasil nama yang akan maju mungkin nanti Desember. Tahapan PKPU juga, kan, belum diturunkan,” kata dia.

Ditanya terkait apakah dari 10 nama itu namanya ikut tercatat, Cucun mengatakan belum bisa membocorkannya. Namun, jika masyarakat menginginkannya untuk maju di Pilkada Serentak 2020 ia mengaku siap.***(R Wisnu Saputra/Bandungkita.id)

Editor: Restu Sauqi