Sebanyak 1.017 CPNS dan PPPK Kota Bandung Ikuti Mayor Lecture

BandungKita.id, BANDUNG – Sebanyak 816 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 201 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengikuti Mayor Lecture.

Mayor Lecture merupakan kuliah umum dari para pimpinan di Kota Bandung untuk memberikan pembekalan bagi CPNS dan PPPK.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana membuka kegiatan Mayor Lecture bagi CPNS dan PPPK di Balai Kota Bandung, Selasa 16 Maret 2021. Kegiatan ini tersebar di 27 lokasi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bandung ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Live Youtube Diskominfo Kota Bandung.

BACA JUGA :

Ingin Lulus Tes CPNS? Ini Pesan Oded untuk Para Peserta CPNS di Kota Bandung

1.428 Orang Ikuti Tes SKB CPNS Pemkot Bandung, Mang Oded: Jangan Percaya Oknum!

Saat pembukaan, Yana mengatakan, CPNS dan PPPK merupakan pegawai pemerintah yang memiliki tugas utama untuk melayani masyarakat. Maka, sejak awal para CPNS dan PPPK harus menanamkan hal tersebut.

“Sejak awal harus ditanamkan dalam diri masing-masing, bahwa kita adalah pelayan, bukan yang harus dilayanin masyarakat,” ujarnya saat membuka acara di Balai Kota Bandung.

Tidak hanya melayani masyarakat, tuntutan zaman mengharusnya pelayan publik memiliki jiwa dan konsep entrepreneurship.

Konsep dan pola pikir entrepreneurship diajarkan agar para CPNS dan PPPK di Lingkungan Kota Bandung memiliki jiwa antisipasif, kreatif, inovatif dan mampu menangkap peluang.

“Meskipun organisasi pemerintah menganut prinsip organisasi bisnis, kita tidak bekerja berdasarkan profit oriented. Prinsip entrepreneurship yang dianut dalam organisasi pemerintah semata untuk meningkatkan kapasitas SDM, produktivitas dan efektivitas,” ungkap Yana.

Sementara itu, Kepala BKPP Kota Bandung, Adi Junjunan Mustafa mengatakan Kegiatan Mayor Lecture diikuti oleh 816 CPNS dan 201 PPPK yang tersebar di 27 lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak. Di antaranya Diskominfo, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Bandung dan berbagai pihak yang terlibat,” ujar Adi.

BACA JUGA :

Marak Penipuan Pada CPNS, Begini Cara Menghindarinya

Proritaskan Guru Honorer, Pemkot Cimahi Ajukan Ratusan Formasi CPNS dan PPPK

Salah satu tempat diselenggarakannya Mayor Lecture adalah SMP Negeri 10 Bandung. Sebanyak 30 peserta CPNS formasi 2019 mengikuti Mayor Lecture di sini.

Kepala sekolah SMP Negeri 10 Bandung, Asep Sudrajat mengatakan, persiapan acara dilakukan selama tiga minggu semenjak sekolah ditunjuk menjadi tempat acara Mayor Lecture CPNS formasi 2019.

Persiapan meliputi rapat koordinasi dengan pada guru dan panitia pusat, penugasan operator sekolah, sarana ibadan, keamanan hingga protokol kesehatan yang ketat.

“Selain itu di sini ada ruang isolasi bagi peserta yang saat diperiksa suhu, lebih dari 37 derajat,” ujar Asep saat ditemui di SMP Negeri 10 Bandung, pada Selasa 16 Maret 2021.

Asep berharap, para peserta dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan mendapatkan pembekalan untuk menunjang pekerjannya di instansi masing-masing. (*).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemkot Bandung