by

Google Doodle Hari Ini Tampilkan Hari Angklung Sedunia

Bandungkita.id, SERBASERBI – Google turut merayakan hari angklung sedunia dengan menampilkan angklung sebagai Google Doodle pada hari ini, Rabu (16/11/2022). oogle Doodle merupakan logo atau tampilan yang diberikan Google pada beranda halaman pencarian untuk mengenang tokoh, merayakan hari libur, atau hari besar seperti hari angklung sedunia ini.

Terdapat enam orang salah satunya menggunakan kursi roda sedang memegang aknglung pada tampilan Google Doodle hari ini. Enam orang pria dan wanita pada Google Doodle tersebut nampak tengah menggetarkan angklung.

Ketika diklik pada bagian gambar Google Doodle tersebut, pengguna akan diarahkan ke berbagai berita dan informasi dengan kata pencarian angklung.

Alat musik bambu berasal dari Indonesia ini secara resmi dinobatkan sebagai benda Warisan Dunia oleh UNESCO pada 16 November 2020 silam.

Angklung sendiri biasanya terdiri dari dua bagian tabung dan satu bagian alas. Pengrajin angklung memotong bambu menjadi tabung dengan ukuran berbeda yang menentukan nada angklung.

Saat seorang pemain menggoyangkan atau mengetuk pangkal bambu dengan lembut, instrumen tersebut menghasilkan satu nada. Dikarenakan angklung hanya memainkan satu nada, pemain alat musik ini harus bekerja sama untuk menciptakan melodi dengan menggoyangkan angklung mereka pada nada yang berbeda.

Angklung saat ini kerap ditampilkan diberbagai acara perayaan terutama di Jawa Barat. Pasalnya, di Kota Bandung terdapat salah satu maestro angklung yang kini menjadi tempat wisata yakni Saung Angklung Udjo.