by

Bulan Depan, Program Rumah Murah untuk Guru Bergulir di Bandung Barat

Bandungkita.id, KBB – Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengki Kurniawan memastikan program rumah murah bagi guru mulai bergulir pada Desember 2022 nanti. Program tersebut sebagai upaya komitmen Pamkab Bandung Barat untuk kesejeteraan para guru.

Menurut Hengki, program rumah murah tersebut hasil kolaborasi dengan beberapa pihak yang turut memberikan apresiasi terhadap guru. Program tersebut pun diluncurkan khusus bagi tenaga pengajar yang belum memiliki rumah hingga kini.

Baca Juga:

Pemkab Bandung Barat Siap Alokasikan Dana BTT untuk Korban Gempa Bumi Cianjur

12 Ribu Guru dan Pelajar Meriahkan HUT PGRI ke-77 dan HGN di Pemkab Bandung Barat

Guru Honorer Setengah Abadi Ki Hajar, Akhirnya Bisa Pergi Umrah

“Kita bekerjasama dengan para pihak, nanti bekerjasama dengan BUMD akan masuk untuk menyiapkan rumah murah bagi guru yang memang belum memiliki rumah. Mudah-mudahan bulan depan sudah ada. Itu janji kita,” kata Hengki di Pemkab Bandung Barat, Sabtu (26/11/2022).

Hengki menuturkan, program tersebut dikhususkan bagi guru honorer yang telah diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Penjanjian Kontrak (P3K). Bahkan Hengki menjanjikan, Pemkab Bandung Barat memberikan subsidi bunga dan keringanan pajak bagi penerima manfaat program tersebut.

Video pilihan:

“Mudah-mudahan ini terjangkau oleh guru yang baru diangkat P3K yang tadinya (honor) Rp300 ribu perbulan menjadi Rp3,4 juta sesuai UMK. Tapi ada subsidi bunga dan keringanan subsidi pajak,” cetusnya.

Ia berharap, program tersebut sapat mewujudkan mimpi para guru untuk memiliki hunian sendiri tanpa harus sewa. Program itu pun sebagai bentuk bukti kepedulian Pemkab Bandung Barat terhadap kegelisahan para guru terkait tempat tinggal.

Sementara itu, terkait lokasi pembangunan rumah murah tersebut, Hengki mengaku saat ini masih tengah menunggu lahan yang telah siap secara administrasi untuk dibangun. Terdapat beberapa lokasi yang dipilih, namun Hengki ingin memastikan lokasi tersebut sebelum dipublikasikan.

“Kita melihat luasan wilayah, nanti ada beberapa lokasi yang dinilai cocok kita akan kondisikan bekerjasama dengan para pihak,” tegasnya.