Erick Thohir Jadi Ketua Umum, Ini Susunan Pengurus PSSI Periode 2023-2027

Nasional62173 Views

Bandungkita.id, NASIONAL – Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI 2023 telah rampung terlaksana di Hotel Shangri-La Jakarta pada Kamis 16 Februari malam WIB. AGenda KLB fokus untuk pemilihan Ketua Umum (Ketum), Wakil Ketua Umum (Waketum) dan para anggota Komite Eksekutif (Exco) periode 2023-2027.

Menteri BUMN Erick Thohir berhasil menang karena meraih 64 suara dari 84 pemillh atau voters. Dia mendapat suara lebih banyak ketimbang La Nyalla Mattalitti, Arif Wicaksono, Doni Setiabud dan Fary Djami Francis. Proses pemungutan suaranya pun berlangsung tertib.

Akan tetapi, drama sempat terjadi dalam pemilihan sepasang Waketum karena harus diulang akibat terdapat sejumlah voters yang merasa dicurangi dengan hasil pemungutan suara dan terdapat situasi pengunduran diri dan penukaran posisi dari Waketum yang sudah terpilih.

Setelah pemungutan suara diulang, Ratu Tisha Destria terpilih sebagai Waketum 1 dengan kumpulan 54 suara, Yunus Nusi jadi Waketum 2 dengan koleksi 53 suara, sedangkan Menpora Zainudin Amali yang pada pemilihan pertama jadi Waketum 1 malah berada di posisi tiga dengan kumpulan 44 suara.

Namun anehnya, Yunus Nusi malah memilih mundur seusai pengumuman hasil pemungutan suara dan langsung meninggalkan ruang KLB. Dengan begitu, Menpora otomatis naik menjadi Waketum dua karena mengisi urutan ketiga dalam hasil pemungutan suara ulang.

Tidak selesai sampai di situ, drama juga kembali terjadi tidak lama kemudian karena Ratu Tisha memilih untuk menukar posisinya dengan Menpora Zainudin Amali. Alhasil, Menpora naik menjadi Waketum PSSI 1 dan Ratu Tisha turun untuk mengisi jabatan Waketum PSSI 2.

Selanjutnya, KLB dilanjutkan dengan pemilihan 12 anggota Exco dari 83 calon yang terdaftar. Proses pemungutan suaranya berjalan lancar tanpa drama, tapi harus memakan waktu hingga sekitar pukul 21.30 WIB. Berikut hasil lengkap pemilihan Komite Eksekutif (termasuk Ketum dan Waketum) PSSI periode 2023-2027.

Ketua Umum: Erick Thohir
Wakil Ketua Umum 1: Zainudin Amali
Wakil Ketuma Umum 2: Ratu Tisha Destria
Anggota Exco: Eko Setyawan, Endri Erawan, Juni Rahman, Muhammad, Rudi Yulianto, Sumardji, Vivin Cahyani, Pieter Tanuri, Arya Mahendra Sinulingga, Khairul Anwar, Ahmad Riyadh dan Hasnuryadi Sulaiman.