Bandara Kertajati Siap Digunakan Calon Jamaah Haji

Nasional2661 Views

Bandungkita.id, JABARKITA – Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat (Kemenag Jabar) menyebut bahwa Bandara Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dinilai sudah siap umtuk memberangkatkan para Calon Jamaah Haji di tahun 2023.

Kepala Bidang (Kabid) penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Jabar Boy Hari Novrian mengatakan, nantinya para Calon jamaah haji yang akan diberangkatkan melalui Kertajati berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumujakuning) hingga Sumedang dan Subang.

“Planning (persiapan) awal sementara itu, Kertajati untuk pemberangkatan jemaah (asal) Ciayumajakuning, terus Sumedang dan Subang,” ujarnya.

Baca Juga:

Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

7 Amalan Sunah Hari Jumat yang Dianjurkan bagi Umat Islam

Saudi Hapus Keharusan Karantina dan PCR, Dirjen PHU Segera Selaraskan Kebijakan Umrah

Boy menambahkan, otoritas atau Pemerintah Arab Saudi sudah mengunjungi dan mengecek secara langsung kelayakan Bandara Kertajati.

“Kemarin ada kunjungan dari GK atau pihak Perhubungan dari Arab Saudi terkait kesiapan Kertajati untuk haji tahun 2023. Alhamdulillah hasilnya positif, GK sudah setuju, bahkan Saudi Airlane (maskapai) itu bisa menggunakan Bandara Kertajati (untuk penerbangannya),” katanya

Tak hanya itu, asrama haji juga sudah dinilai siap oleh Arab Saudi. Akan tetapi, Boy mengaku pihaknya belum bisa memastikan terkait dengan calon jamaah haji yang akan berangkat dari bandara Kertajati.

Video Pilihan:

‘Kuota haji memang masih menunggu untuk tingkat provinsi, belum ditetapkan secara nasional, masih menunggu Kementrian Agama, sedang disusun, mungkin satu atau dua hari ini atau Minggu ini (penetapan kuota jamaah),” imbuhnya

Terpisah, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku bahwa Pemerintah Arab Saudi sudah menyetujui dan Mengizinkan Bandara Kertajati sebagai embarkasi haji tahun 2023.

“Berita baiknya, otoritas haji Saudi sudah mengizinkan Kertajati dan sudah lolos untuk dijadikan embarkasi keberangkatan seiring dengan Insya Allah dalam waktu dekat Cisumdawu nya (Tol) juga akan diresmikan Presiden karena sudah selesai,” pungkas Emil sapaan akrabnya saat ditemui di Gedung Sate Kota Bandung.