Pasar Sepeda Listrik Menjamur Tapi Diamankan Polisi di Jalan raya? Cari Tahu Aturan dan Alasannya Disini

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Sebelumnya terdapat 15 sepeda listik diamankan oleh polisi karena melintas di ruas jalanan Kota Bandung. Hal tersebut tindak lanjut adanya larangan sepeda listik melintas di jalan raya serta banyaknya aduan dari masyarakat.

Menurut Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono melalui Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Eko Iskandar, penertiban 15 sepeda listrik tersebut dilakukan dalam kurun waktu dua Minggu.

“Kita sudah mulai melakukan penindakan, kemarin kita mengamankan 15 sepeda listrik kita bawa ke kantor,” kata Eko di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (19/8/2023).

Eko menuturkan, penggunaan sepeda listrik telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 45 tahun 2020. Dimana, sepeda listrik hanya dapat digunakan di kawasan tertentu hingga batasan umur bagi pengguna sepeda listrik.

Lalu apa perbedaan sepeda listrik dan motor listrik?

Perbedaan antara sepeda listrik dan motor listrik terletak pada kemampuan jarak tempuh, kecepatan maksimal, dan harga. Sepeda listrik biasanya lebih murah dan dapat digunakan untuk jarak dekat, sedangkan motor listrik lebih kuat dan dapat digunakan untuk jarak jauh dan kecepatan tinggi.

Dilansir dari perbedaan.co.id, secara detail mengenai perbedaan dari kedua kendaraan ini, mulai dari kelebihan, kekurangan dan juga informasi lainnya yang berguna.

Konsep Dasar

Perbedaan pertama antara sepeda listrik dan motor listrik terletak pada konsep dasarnya. Sepeda listrik adalah versi motor pedal tradisional yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaga tambahan. Dalam hal ini, sepeda listrik adalah sepeda biasa yang diberi kemampuan untuk menjalankan motor dengan batas kecepatan tertentu. Sementara itu, motor listrik atau sering disebut sebagai motor EV (Electric Vehicle), dirancang khusus untuk menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi utama. Dalam hal ini, motor listrik pada umumnya lebih besar, lebih kuat dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama.

Kecepatan

Perbedaan lain antara sepeda listrik dan motor listrik adalah kecepatan maksimal kendaraan tersebut. Sepeda listrik memiliki batas kecepatan sekitar 25 Km/jam, sedangkan motor listrik memiliki batas kecepatan antara 80-120 Km/jam.

Kemampuan Jarak Tempuh

Perbedaan lain antara sepeda listrik dan motor listrik adalah kemampuan jarak tempuh. Sepeda listrik hanya memiliki kemampuan jarak tempuh sekitar 40-60 Km/jam tergantung pada baterai dan kondisi sepeda, sedangkan motor listrik memiliki kemampuan jarak tempuh yang jauh lebih lama yaitu dapat mencapai 200-300 Km/jam

Harga

Perbedaan lainnya antara sepeda listrik dan motor listrik adalah harga yang dibanderol oleh masing-masing kendaraan. Sepeda listrik relatif lebih murah dibandingkan motor listrik karena jenis kendaraan ini tidak menggunakan mesin bertenaga yang kompleks dan baterai yang lebih besar.

Masa Pakai

Perbedaan lain antara sepeda listrik dan motor listrik adalah masa pakai kendaraan tersebut. Sepeda listrik dirancang untuk bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tetapi tidak sekuat motor listrik yang memiliki kemampuan untuk menaklukkan berbagai medan dan kondisi permukaan jalan.

Keamanan

Perbedaan lain antara sepeda listrik dan motor listrik terletak pada faktor keamanan. Sepeda listrik tidak selalu memiliki perlengkapan keselamatan yang sama dengan motor listrik, seperti tali pengaman atau sistem absensi pengendali kecepatan. Sementara itu, motor listrik sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih lengkap.

Dampak Lingkungan

Perbedaan terakhir antara sepeda listrik dan motor listrik adalah dampak lingkungan yang disebabkan oleh kedua kendaraan ini. Motor listrik dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sepeda listrik karena semakin banyak pengemudi yang menggunakan motor listrik menyebabkan semakin sedikit polusi dan kerusakan lingkungan.

Kelebihan dan Kekurangan Beda Sepeda Listrik Dan Motor Listrik

Kelebihan Sepeda Listrik

1. Sepeda listrik lebih hemat biaya dibandingkan dengan kendaraan bermesin.

2. Sepeda listrik tidak menyebabkan polusi udara dan tidak berisik saat digunakan.

3. Sepeda listrik lebih mudah dioperasikan oleh pengendara dengan segala tingkatan umur.

4. Sepeda listrik lebih fleksibel saat digunakan di daerah perkotaan, bahkan di tempat yang ramai seperti mall dan pasar.

Namun, ada kekurangan yang harus diperhitungkan ketika memilih sepeda listrik, di antaranya:

1. Sepeda listrik memiliki batasan jarak jauh yang rendah.

2. Sepeda listrik memiliki batasan kecepatan yang rendah dibandingkan dengan motor listrik.

Kelebihan Motor Listrik

1. Motor listrik memiliki kemampuan jarak tempuh yang jauh dibandingkan dengan sepeda listrik.

2. Motor listrik memiliki kecepatan maksimum yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sepeda listrik.

3. Motor listrik lebih kuat dan memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibandingkan dengan sepeda listrik.

4. Motor listrik dapat digunakan pada berbagai kondisi jalan.

Tetapi, ada juga kekurangan yang harus diperhitungkan ketika memilih motor listrik:

1. Motor listrik dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sepeda listrik.

2. Motor listrik hanya dibatasi untuk pengendara dewasa dan memiliki pengalaman mengemudi yang cukup.

Semoga bermanfaat ya Baraya infonya.(Dohomz/Bandungkitaid)

Editor: Dhomz

Comment